eSIM Belum Kelar, Kini Ada iSIM Besutan Qualcomm

0
isim

Gadgetdiva.id — Baru beberapa tahun eksistensi eSIM, kini sudah ada teknologi kartu SIM seluler terbaru, yakni iSIM. Teknologi ini dibesut oleh Qualcomm bekerja sama dengan Thales, memungkinkan pengguna tak perlu pakai kartu selular atau SIM Card fisik.

Dilansir melalui Engadget, Kamis, 2 Maret 2023, Qualcomm memungkinkan kartu SIM seluler untuk terintegrasi langsung di dalam prosesor buatan mereka. Ini artinya, pengguna tak perlu lagi menggunakan chip khusus untuk identifikasi nomor selular, terlebih, tak perlu lagi ada ruang khusus untuk meletakkan sim card.

isim

Sayangnya, Qualcomm belum membocorkan detil ponsel mana yang akan pertama kali mengadopsi iSIM. Yang jelas, teknologi ini hampir sama dengan eSIM, namun operator telekomunikasi tidak perlu memperbaharui sistemnya jika ingin mengadopsi perangkat berbasis sim card igital baru.

iSIM akan bisa mengalahkan eSIM

Meski iSIM akan menghilangkan ruang/slot untuk sim card, namun Qualcomm tidak mau menjamin harga ponsel akan menjadi lebih murah. Namun yang jelas, bekas port sim card yang tidak lagi terpakai bisa digunakan untuk membesarkan kapasitas baterai, atau menyematkan komponen lainnya.

Kabarnya, ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 2 akan bisa menghadirkan sim card digital itu dalam waktu dekat.

Setidaknya, kemunculan sim card digital bisa jadi akan cepat diterima masyarakat karena saat ini banyak ponsel yang sudah mengadopsi eSIM. Bahkan iPhone 14 dan 14 Pro yang beredar di Amerika sudah tidak memiliki slot sim card.

Selain itu, banyak negara yang tidak lagi menggunakan kartu sim fisik sehingga kemunculan iSIM bisa mempercepat transisi ke arah digital SIM.

iSIM merupakan cara baru yang menjanjikan identitas dan keamanan digital bebas kartu yang sama seperti eSIM, tetapi dibangun langsung di dalam prosesor utama ponsel.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan