Pamor SMS di Telkomsel Ramadan 2023 Naik Lagi

0
Telkomsel ramadan 2023
Posko Siaga Telkomsel di Alun-alun Masjid Agung Cirebon.

Setelah sekian lama SMS mengalami penurunan trafik. Saat Telkomsel ramadan 2023, pengiriman pesan singkat yang hadir sejak puluhan tahun lalu itu kini mulai mendapatkan pamor lagi. Setidaknya di mata pelanggan jaringan Telkomsel.

Diprediksi jika penggunaan fasilitas pengirim pesan melalui SMS akan meningkat lebih dari 7 persen selama Telkomsel ramadan 2023. Prediksi tahun ini memang sangat berbeda jauh dengan perkiraan tahun lalu. Data Telkomsel menyebut jika layanan SMS di ramadan 2022 turun sampai 30 persen.

“Telkomsel berkomitmen untuk menyediakan layanan dan performa jaringan yang bisa diandalkan. Total data yang digunakan pelanggan akan mencapai 51,6 petabyte. Dari situ trafik data diprediksi akan naik 11,2 persen, penggunaan layanan suara turun 8,5 persen sedangan trafik SMS naik 7,6 persen,” ujar Galumbang Pasaribu, Vice President Global Network Operations, dalam konferensi Telkomsel Siaga di Cirebon, Selasa, 28 Maret 2023.

Telkomsel ramadan 2023
Vice President Global Network Operations, Galumbang Pasaribu; Senior Vice President Consumer Sales Operations, Gilang Prasetya; General Manager Corporate Social Responsibility, Andry Priyo Santoso

Menurut Galumbang, saat Telkomsel ramadan 2023, trafik SMS tahun ini meningkat karena selain pelanggan yang masih suka mengucapkan ‘Selamat Ramadan’ “Berbuka Puasa’ atau ‘Sahur’ melalui SMS, banyak bisnis yang kini menggunakan SMS untuk beriklan atau sekedar media CRM (customer relationship).

Namun begitu, trafik data dan layanan digital tetap menjadi primadona. Yang paling naik, dari data yang dipaparkan Galumbang, adalah aktivitas online gaming yang naik sampai 32,4 persen. Game-game tersebut didominasi MObile Legends, Free Fire dan Roblox.

Di bawah online gaming, layanan komunikasi dengan pesan instan seperti WhatsApp, Telegram dan Line naik 20 persen. Video streaming di YouTube, TikTok sampai Snackvideo naik 15,6 persen. Aksi berbelanja sepanjang ramadan di Shopee, Lazada dan Tokopedia juga naik 7 persen. Sedangkan kegiatan bersosial media di Facebook, Instagram dan Twitter naik 6,2 persen.

Persiapan Telkomsel Ramadan 2023 dan Idul Fitri

Guna mengantisipasi pergerakan trafik selama momen RAFI 2023 ini, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel ramadan 2023 telah difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia. POI tersebut mencakup 59 area residensial, 68 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 315 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), 28 area jalur mudik utama, serta 20 masjid raya. Serangkaian uji jaringan di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 17.895 Km juga telah dilakukan Telkomsel guna memastikan pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan, termasuk yang menjangkau 2.725 ruas akses tol utama di seluruh Indonesia.

maxstream

Penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan juga telah dilakukan melalui peningkatan kapasitas 277 unit BTS 4G/LTE, penambahan 221 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), melengkapi lebih dari 260.000 unit BTS Telkomsel yang melayani 96 persen wilayah populasi di Indonesia dan hampir seluruhnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE.

Upaya lain yang telah dipersiapkan Telkomsel yakni dengan menambah kapasitas jaringan untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total menjadi 11.772 Gbps. Sedangkan untuk Internet, terdapat penambahan kapasitas sehingga total menjadi 12.590 Gbps. Untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, jaringan teknologi VoLTE (Voice over LTE) Telkomsel telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone.

Lebih lanjut, Telkomsel ramadan 2023, sejak 2022 secara bertahap dan terukur telah melakukan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten dan berlanjut hingga tahun ini.[2] Komitmen dalam optimalisasi kapabilitas jaringan broadband terdepan bagi pelanggan tersebut juga telah mendapatkan tiga penghargaan dari Ookla® Speedtest Awards™ 2022 untuk performansi jaringan Telkomsel selama kuartal Q3-Q4 2022, yakni kategori Fastest Mobile Network, Best Mobile Coverage, dan Best Mobile Network.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan