Fitur baru Instagram bisa report postingan berita hoax!

2
Fitur Report Instagram
PARIS, FRANCE - MARCH 15: In this photo illustration, the social media application logo, Instagram is displayed on the screen of a computer on March 15, 2019 in Paris, France. Social media Facebook, Instagram, Messenger and WhatsApp have been affected by a global outage for nearly 24 hours on March 14, 2019 cutting virtual worlds to nearly 2.3 billion potential users. Facebook has explained the causes of malfunctions that have disrupted its networks in recent days. This failure is due to the "server configuration change" that has caused cascading problems Facebook is excused for the inconvenience caused to users and companies that are dependent on Facebook, Instagram or WhatsApp to run their business.(Photo by Chesnot/Getty Images)

Diva says – Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh para kaum millennial jaman now. Banyak banget info-info berita yang lagi up to date di Instagram yang bikin kita ingin mengecek Instagram secara terus menerus.

Namun, terkadang banyak banget, nih girls, postingan fake news yang ada di Instagram yang menyebabkan tersebarnya berita hoax, dan malah membuat keributan di dunia maya. Nah, bagi kalian yang keganggu sama postingan fake news kayak gini, bisa banget buat ngereport postingan tersebut, dan juga untuk menghilangkan berita hoax yang gampang banget diterima masyarakat secara mentah-mentah.

Sekarang Instagram telah mengumumkan bahwa pengguna bisa me-report postingan fake news tersebut. Fitur ini akan mulai diluncurkan kepada pengguna di Amerika Serikat mulai hari ini, dan kabarnya akan diluncurkan ke bagian negara lain dalam waktu satu minggu.

Tapi, saat ini fitur tersebut hanya tersedia di aplikasi Instagram yang bisa kamu download di Google Play Store/ Apple App Store. Ini dia langkah-langkah untuk me-report postingan fake news:

  1. Buka Aplikasi Instagram di ponsel

  2. Pilih postingan yang ingin kamu report

  3. Ketuk menu titik tiga di sudut kanan foto

  4. Pilih Report, lalu pilih It’s inappropriate

  5. Klik opsi False Information untuk me-report postingan tersebut

Baca Juga: Instagram umumkan fitur terbaru, hentikan cyber bullying

Perusahaan Instagram mengatakan tidak akan meneruskan setiap postingan ke fact-checking. Instagram menambahkan, jika sebuah postingan di-report sebagai False Information, itu tidak akan menghapus postingan tersebut, melainkan akan disingkirkan dan akan dihapus dari explore di Instagram.

Hanya pemeriksa fakta yang berbasis di AS yaitu International Fact-Checking Network (IFCN) yang akan memeriksa postingan yang sudah ditandai. Instagram mengatakan ingin menangkap data ini sebagai sinyal dari pengguna dan fact-checking untuk melatih model kecerdasan buatannya. Ini bertujuan untuk menggunakan model di masa depan untuk mengurangi ketergantungan pada fact-checking untuk mendeteksi False Information.

Nah, dengan adanya fitur yang dibuat Instagram ini, kamu bisa banget nge-report postingan yang fake dan membuat kamu terganggu. Selamat mencoba, paradiva!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan