Gawat, AI Bisa Menebak Password dalam Waktu Kurang dari 1 Menit

0
Password

Gadgetdiva.id — Perkembangan AI (kecerdasan buatan) kian membuat masyarakat khawatir dengan kecanggihannya. Terutama dalam keamanan siber.

Hal tersebut kembali diperkuat dengan sebuah penelitian yang mengungkap bahwa teknologi AI dapat melacak password dengan cepat. Lantas bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Studi terbaru dari Home Security Heroes menemukan bahwa lebih dari 50 persen password yang umum digunakan dapat diretas hanyad dalam waktu kurang dari 1 menit oleh AI. Studi yang dilakukannya ini menggunakan cracker prassword berbasis AI yang bernama PassGAN.

Kemampuan AI dalam meretas password

Dalam studi tersebut, peneliti menguji sejumlah 15.680.000 password. Mereka mengungkap bahwa hampir 51 persen password umum dapat dilanggar dalam waktu kurang dari satu menit.

Sedangkan, 65 persen password lainnya dapat diretas dalam waktu kurang dari satu jam. Selain itu, penelitian tersebut juga mengungkap bahwa 81 persen password dapat dibobol dalam waktu satu bulan.

Kendati demikian, perlu diketahui bahwa password yang dapat diretas oleh AI dalam waktu kurang dari satu menit ini merupakan password yang mudah diprediksi. Serta, menggunakan karakter yang relatif sedikit. Misalnya, nomor telepon, tanggal lahir dan lainnya.

Di sisi lain, jika password yang digunakan merupakan campuran antara huruf dan simbol dengan panjang hingga 18 karakter akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dideteksi.

Lebih lanjut, penelitian tersebut menambahkan bahwa password dengan 18 karakter atau lebih umumnya aman dari cracker password AI. Password sepanjang ini yang hanya memiliki angka membutuhkan waktu setidaknya 10 bulan untuk dipecahkan.

Paasword

Sementara itu, password yang berisi kombinasi simbol, angka, huruf besar dan kecil adalah jenis yang paling aman digunakan. Sebab, butuh waktu hingga 6 triliun tahun untuk dipecahkan oleh AI.

Lantas, bagaimana solusinya agar password kita ini tetap aman dari peretasan AI? Pertama, tetap hindari menggunakan password yang mudah ditebak dan umum digunakan. Terutama yang hanya terdiri dari angka.

Idealnya, seseorang harus memilih password yang panjangnya minimal 15 karakter dan merupakan campuran dari karakter, simbol, angka dan huruf besar dan kecil. Jika kamu khawatir meningat jenis password ini, Paradiva dapat menggunakan pengelola pengelola password.

Studi tersebut juga mengatakan bahwa seseorang harus memiliki setidaknya dua huruf (huruf kapital dan kecil), angka dan simbol dalam password mereka. Mereka juga menyarankan untuk mengubah password selama tiga atau enam bulan sekali.

Terakhir, yang pasti seseorang tidak boleh menggunakan satu password untuk semua akun. Sebab, langkah ini cukup berisiko.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan