News

Elon Musk Segera Luncurkan TruthGPT, Mau Saingi ChatGPT

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Elon Musk mengambarkan bahwa dirinya akan segera meluncurkan platform berbasis AI yang dinamakan TruthGPT pada Senin (17/4). Platform ini diinisiasi akan menyaingi Microsoft dan Google.

“Saya akan memulai sesuatu yang saya sebut “TruthGPT” atau AI pencari kebenaran maksimum yang mencoba memahami sifat alam semesta,” ujar Elon Musk dalam sebuah wawancara dengan Fox News Channel yang dikutip oleh Reuters.

Dia menyatakan bahwa TruthGPT, platform AI-nya tersebut, akan menjadi jalan terbaik menuju keselamatan dan tidak mungkin memusnahkan manusia. Elon Musk juga turut menambahkan meski terlambat, tapi dia akan tetap menghadirkan opsi ketiga.

Langkah ini dilakukan Elon Musk setelah menyebut OpenAI melatih AI untuk berbohong dan menyatakan perusahaan tersebut telah menjadi sumber tertutup organisasi untuk mencaeri keuntungan bersekutu erat dengan Microsoft.

Dia juga telah menuduh Larry Page, salah satu pendiri Google tidak menganggap serius terkait keamanan AI. Kemudian, Elon dan sekelompok pakar AI dan eksekutif industri menyerukan jeda enam bulan dalam mengembangkan sistem yang lebih kuat daripada GPT-4 OpenAI yang baru diluncurkan dengan alasan potensi risiko bagi masyarakat.

Dalam sebuah wawancara dengan Carlson, Elon turut menegaskan bahwa teknologi AI lebih berbahaya daripada desain pesawat yang salah urus. Dia bahkan menyebut teknologi tersebut berpotensi merusak peradaban.

“AI lebih berbahaya daripada, katakanlah, desain pesawat yang salah urus atau pemelihara produksi atau produksi mobil yang buruk. Ini (teknologi AI) berpotensi merusak peradaban,” imbuh dia.

Dalam sebuah cuitannya di akhir pekan, Elon menuturkan bahwa dirinya telah bertemu dengan mantan presiden AS Barack Obama. Pada kesempatan tersebut, dia mengaku kepada Obama bahwa Washington perlu mendorong regulasi AI.

Elon Musk Sudah Punya Startup AI

Namun, sebuah laporan terbaru menyatakna bahwa Elon Musk sudah mendaftarkan sebuah perusahaan baru bernama X.AI Corp yang didirikannya di Nevada. Perusahaan tersebut akan bergerak di bidang teknologi AI.

Elon sendiri menjadi satu-satunya direktur untuk perusahaan terbarunya ini. Sekretarisnya yang bernama Jared Birchall turut terdaftar.

Baru-baru ini, Elon Musk sendiri mengubah nama Twitter menjadi X Corp. Hal ini merupakan bagian dari rencananya untuk membuat segala apliaksi berada di bawah merek X.

TruthGPTElon Musk, orang terkaya di dunia, CEO Tesla dan SpaceX

Sedangkan, untuk proyek startup AI-nya ini, Elon telah mengamankan ribuan prosesor GPU Nvidia. GPU tersebut akan digunakannya untuk membangun model bahasa yang besar — sistem AI yang mampu mencerna konten dalam jumlah besar dan menghasilkan tulisan seperti manusia atau cita realistis, serupa dengan teknologi yang mendukung ChatGPT.

Diketahui, Elon sendiri pernah menjadi bagian dari pendukung keuangan utama di OpenAI selama beberapa tahun. Namun, dia mundur dari komitmen dan operasionalnya kepada perusahaan AI pada saat yang sama OpenAI menambahkan segmen bisnis nirlaba.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

BRIN Kembangkan Teknologi Satelit Canggih untuk Deteksi Ladang Ganja di Indonesia
News

BRIN Kembangkan Teknologi Satelit Canggih untuk Deteksi Ladang Ganja di Indonesia

BRIN mengembangkan teknologi satelit untuk mendeteksi ladang ganja di Indonesia, mendukung pengawasa..

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024
News

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024

PackFest adalah upaya dari Rumah BUMN Telkom untuk meningkatkan mutu produk dengan memberikan bantua..

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia
News

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia

Telkomsat bekerjasama dengan Starlink untuk menyajikan solusi bisnis terdepan di Indonesia. Temukan ..

IndiBiz Gelar Promo aMAYzing, Hadirkan Diskon dan Penawaran Menarik Sepanjang Bulan Mei
News

IndiBiz Gelar Promo aMAYzing, Hadirkan Diskon dan Penawaran Menarik Sepanjang Bulan Mei

aMAYzing menyediakan beragam varian promo khusus untuk sektor usaha perhotelan dan pendidikan. Mulai..

Cuan OpenAI Naik Drastis Usai Kenalkan GPT-4o
News

Cuan OpenAI Naik Drastis Usai Kenalkan GPT-4o

Pendapatan OpenAI melonjak usai memperkenalkan GPT-4o, jumlah unduhan meningkat pesat dan banyak yan..


;