News

Idul Fitri 1444H, Game dan Video WhatsApp Penuhi Jaringan Telkomsel

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Selama momen ramadan dan Idul Fitri 1444H, jaringan Telkomsel tercatat kenaikan trafik data sampai 11,7 persen. Data paling besar didapat dari akses mobile game dan pesan instan termasuk video conference.

Trafik broadband di jaringan Telkomsel memang naik tipis dibanding periode yang sama tahun lalu. Di 2023, kenaikan trafik data rata-rata sekitar 11,4 persen dibanding hari biasa. Yang menarik, layanan SMS juga turut tumbuh sekira 14,1 persen, sedangkan telepon suara turun 20 persen dibanding hari biasa.

Resmi Jadi Capres PDIP, Akun Twitter Ganjar Pranowo Belum Centang Biru

Hasil trafik broadband jaringan Telkomsel Siaga RAFI 2023 tersebut didorong dengan adanya peningkatan aktivitas pelanggan dalam mengakses layanan digital selama momen RAFI 2023. Telkomsel mencatat peningkatan aktivitas digital yang mencakup akses layanan komunikasi, seperti instant messaging dan video conference yang tumbuh mencapai 5,5 persen, serta akses gim mobile yang melonjak hingga 15,2 persen.

jaringan telkomsel

Untuk layanan digital jaringan Telkomsel yang mengalami pertumbuhan trafik tertinggi dikontribusi dari akses pelanggan ke layanan aplikasi instant messaging WhatsApp yang melonjak hingga 40,3 persen, aplikasi media sosial seperti TikTok sekira 28,5 persen, SnackVideo yang mencapai 23,4 persen, Instagram yang naik mencapai 14,2 persen, serta layanan streaming video YouTube yang meningkat hingga 12 persen.

Trafik Broadband di Jaringan Telkomsel

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, “Telkomsel mengucapkan selamat Idulfitri 1444 H bagi seluruh umat muslim di Indonesia. Selama Bulan Suci Ramadan hingga momen puncaknya pada Idulfitri, Telkomsel terus berupaya melampaui ekspektasi pelanggan dengan membuka lebih banyak peluang dalam membangkitkan semangat #NyalakanKebersamaan. Dengan mengedepankan Program Telkomsel Siaga RAFI 2023, secara keseluruhan kami telah mengantisipasi lonjakan trafik layanan broadband melalui optimalisasi infrastruktur jaringan berteknologi terdepan serta menjamin ketersediaan produk dan layanan digital unggulan.”

Seluruh aktivitas digital yang dilakukan oleh pelanggan setia Telkomsel juga berkontribusi dalam meningkatkan trafik penggunaan layanan broadband selama momen RAFI 2023 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa. Lima wilayah yang mengalami peningkatan trafik broadband tertinggi, antara lain di wilayah operasional Kabupaten Cilacap yang tumbuh 58,8 persen, Kabupaten Ciamis sekira 58,4 persen, Kabupaten Tasikmalaya mencapai 54,9 persen, Kabupaten Garut tumbuh 54,4 persen, dan Kabupaten Langkat di Provinsi Sumatera Utara hingga 38,7 persen.

Saki lebih lanjut menambahkan, sejalan dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mudik ke kampung halaman pada tahun ini, Telkomsel menemukenali bahwa Kabupaten Cilacap, Kota Bandung, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Tasikmalaya menjadi lima wilayah destinasi tujuan mudik yang mengalami pergerakan pelanggan paling signifikan.

Secara keseluruhan, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan terdepannya di seluruh Indonesia untuk #NyalakanKebersamaan pada momen RAFI 2023 dengan melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan yang customer centric, hingga menghadirkan beragam promo khusus yang dapat semakin mendukung kemudahan akses aktivitas dan gaya hidup digital masyarakat.

Selain itu, Telkomsel juga menggelar rangkaian kegiatan perusahaan dalam #NyalakanKebersamaan untuk berbagi dengan penerima manfaat yang membutuhkan di seluruh wilayah di Indonesia melalui rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR). Penyerahan juga dilakukan bersamaan dengan kegiatan roadshow Telkomsel yang digelar pada empat kota di Indonesia, yakni Cirebon, Jawa Barat (28 Maret 2023), Banjarmasin, Kalimantan Selatan (3 April 2023), Banda Aceh, Aceh (5 April 2023), dan Mataram, Nusa Tenggara Barat (10 April 2023).

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Seharian Pakai ChatGPT, Habiskan Rp10,3 Miliar
News

Seharian Pakai ChatGPT, Habiskan Rp10,3 Miliar

Gadgetdiva.id — Ternyata teknologi artificial intelligence memang mahal. Sebuah laporan men..

Resmi Jadi Capres PDIP, Akun Twitter Ganjar Pranowo Belum Centang Biru
News

Resmi Jadi Capres PDIP, Akun Twitter Ganjar Pranowo Belum Centang Biru

Gadgetdiva.id — Ganjar Pranowo resmi didapuk menjadi calon presiden yang diusung oleh Parta..

Centang Biru di Akun Twitter BTS Hilang, Punya 48 Juta Followers
News

Centang Biru di Akun Twitter BTS Hilang, Punya 48 Juta Followers

Gadgetdiva.id — Akun Twitter BTS mendadak tak lagi memiliki centang biru. Padahal akun ters..

IndiHome Pastikan Tim Siaga Jaga Jaringan Internet Libur Lebaran
News

IndiHome Pastikan Tim Siaga Jaga Jaringan Internet Libur Lebaran

Gadgetdiva.id — IndiHome memastikan jika jaringan internet libur lebaran yang dikelolanya a..


;