Smartfren Berhasil Antisipasi Lonjakan Traffic Selama Ramadhan dan Lebaran

Smartfren Berhasil Antisipasi Lonjakan Traffic Selama Ramadhan dan Lebaran
News

Smartfren Berhasil Antisipasi Lonjakan Traffic Selama Ramadhan dan Lebaran

Smartfren Berhasil Antisipasi Lonjakan Traffic Selama Ramadhan dan Lebaran

Smartfren Berhasil Antisipasi Lonjakan Traffic Selama Ramadhan dan Lebaran # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Smartfren telah berhasil mengantisipasi lonjakan traffic selama Ramadan dan Idul Fitri 1444H, serta momen mudik dan arus balik. Selama momen hari besar tersebut, terlihat bahwa akses layanan data semakin meningkat secara year-on-year.

Pada momen yang sama di 2022 lalu, peningkatan akses layanan data Smartfren mencapai 10% lebih tinggi dari hari-hari biasa. Sedangkan pada 2023 ini, peningkatan akses tersebut mencapai 14% lebih tinggi dari hari-hari biasa.

Indosat Hadirkan CoE Lab di Jakarta

Adapun secara secara year-on-year peningkatan traffic tersebut sebesar 27% dibandingkan lebaran tahun lalu. Kenaikan traffic paling tinggi terjadi di Jawa tengah sebesar 23% diikuti Jawa Timur 13% dan Jawa Barat 10%.

Peningkatan traffic ini sejalan dengan kebutuhan digital masyarakat yang antara lain mencakup kebutuhan layanan transportasi online, e-commerce, sistem pembayaran, sampai komunikasi real-time menggunakan aplikasi.

Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren mengatakan, “Momen Ramadan, Idul Fitri dan mudik tahun ini Smartfren melihat peningkatakan akses internet yang lebih tinggi. Smartfren terus melakukan peningkatan kapasitas jaringan dan optimisasi jaringan sehingga pelanggan dapat menikmati kualitas terbaik dari jaringan internet Smartfren kapan pun dan di mana pun berada.”

Selama momen Ramadan, Idul Fitri dan mudik, Smartfren mencatat peningkatan akses yang signifikan pada sejumlah aplikasi digital; bila dibandingkan tingkat akses pada hari biasa. Adapun aplikasi yang dimaksud antara lain TikTok sebesar 28% dan YouTube sebesar 9%.

Terlihat juga penggunaan aplikasi pesan instan WhatsApp yang meningkat hingga hingga 6%, sedangkan untuk media sosial seperti Facebook dan Instagram, kemudian game esports seperti Mobile Legends, Free Fire dan sejenisnya terjadi juga kenaikn traffic di kisaran 2%- 5%.

Smartfren pun telah melakukan sejumlah inisiatif lain guna meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi. Salah satunya adalah dengan memacu proses fiberisasi atau pemasangan serat optik untuk menyambut era 5G.

Fiberisasi ini merupakan teknologi yang harus diimplementasikan guna meningkatkan kapasitas layanan telekomunikasi, terutama di wilayah-wilayah yang traffic datanya tinggi.

Kemudian Smartfren terus meningkatkan coverage, antara lain dengan penambahan sejumlah total 4.000 BTS di seluruh wilayah operasionalnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Kinerja Keuangan Indosat Naik Dua Digit di Kuartal Pertama 2023
News

Kinerja Keuangan Indosat Naik Dua Digit di Kuartal Pertama 2023

Gadgetdiva.id – Indosat Ooredoo Hutchison hari ini melaporkan kinerja keuangan untuk kuarta..

Indosat Hadirkan CoE Lab di Jakarta
News

Indosat Hadirkan CoE Lab di Jakarta

Gadgetdiva.id — Berkolaborasi bersama Tech Mahindra, Indosat menghadirkan Center of Excell..

XL Axiata Percepat Penerapan Smart City di Konawe Selatan
News

XL Axiata Percepat Penerapan Smart City di Konawe Selatan

Gadgetdiva.id – PT XL Axiata Tbk, melalui XL Axiata Business Solutions, siap sepenuhnya men..

Serangan Malware Qbot Alami Lonjakan di Tahun 2023
News

Serangan Malware Qbot Alami Lonjakan di Tahun 2023

Gadgetdiva.id – Awal bulan tahun ini, Kaspersky menemukan lonjakan malware Qbot yang menarg..


;