News

Bill Gates Sebut ChatGPT Dapat Gantikan Guru

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Bill Gates menyebut bahwa teknologi chatbot AI ChatGPT dapat berfungsi sebagai guru dan bekerja sebaik mungkin layaknya manusia. Dia meramal teknologi tersebut akan dapat membantu anak-anak belajar dalam 18 bulan ke depan.

Sebagai salah satu dari pencetus pemanfaatan teknologi AI, Bill Gates percaya bahwa ChatGPT ini dapat bekerja sebaik tutor manusia. Hal tersebut disampaikannya dalam acara ASU+GSV di San Diego.

Seperti yang dikutip dari Gizchina, pendiri Microsoft itu menyatakan bahwa ChatGPT akan membantu siswa memahami kekurangan mereka melalui dialog yang berlangsung. Dia memprediksi platform itu akan dapat membantu anak-anak dalam belajar membaca dan menulis dalam kurun waktu 18 bulan ke depan.

Hal ini akan menjadi solusi lebih ekonomis bagi para orang tua yang kurang beruntung dalam membayar guru les manusia. Gates percaya bahwa AI ke depannya tak hanya dapat digunakan untuk membantu pembelajar meningkatkan membaca dan menulis. Namun juga, dapat membantu para guru dan memberikan saran dalam menulis.

Pendapat Bill Gates Terkait Pemanfaatan AI di Bidang Pendidikan

Kendati demikian, Gates sangat menentang gagasan moratonum kecerdasan buatan. Menurutnya, AI dapat memiliki potensi besar untuk membantu manusia dalam menyelesaikan masalah hingga yang paling mendesak di dunia.

Dia menilai Chatbot AI seperti ChatGPT ini dapat memberikan solusi yang terjangkau bagi orang tua yang tak dapat membayar tutor manusia. Gates juga percaya bahwa AI dapat berperan penting di masa depan pendidikan.

Bill Gates

Sebab, chatbot bertenaga AI dan guru virtual ini akan dapat menjadi alat penting bagi siswa dari segala usia. Meskipun tetap ada kekhawatiran terkait potensi berbahaya AI.

Bill Gates tetap yakin bahwa AI memiliki potensi yang sangat besar untuk membantu menyelesaikan beberapa masalah manusia. Termasuk meningkatkan kehidupan orang-orang di seluruh dunia.

ChatGPT sendiri telah berhasil lulus lisensi medis. Platform tersebut juga telah terbukti dapat melalui ujian hukum lebih baik daripada beberapa manusia.

Di sisi lain, pemanfaatan chatbot AI di bidang pendidikan ini telah dikembangkan oleh Khan Academy melalui proyek Khanmigo. Dimana mereka menghadirkan guru virtual berbasis GPT-4 untuk memudahkan siswa belajar matematika, sains dan humaniora dari segala usia. Serta, dapat pula digunakan untuk melatih menulis.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Kaspersky Next, Solusi Terbaru Keamanan Siber Perusahaan
News

Kaspersky Next, Solusi Terbaru Keamanan Siber Perusahaan

Keamanan siber sangat penting bagi perusahaan untuk melindungi aset dari ancaman canggih. Kaspersky ..

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan
News

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) meluncurkan laporan khusus berjudul, “Empowering Indonesia Rep..

Kemenkes Beber Hasil Uji Coba Starlink di 3 Fasyankes
News

Kemenkes Beber Hasil Uji Coba Starlink di 3 Fasyankes

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa uji coba Starlink berlangsung dengan baik. Layanan terse..

Starlink Resmi di Indonesia, Berapa Harga Langganannya?
News

Starlink Resmi di Indonesia, Berapa Harga Langganannya?

Pemerintah Indonesia dan Elon Musk meresmikan Starlink untuk beroperasi di Indonesia pada Minggu (19..

Menkes dan Elon Musk Resmikan Starlink, Sediakan Akses Internet untuk Puskesmas
News

Menkes dan Elon Musk Resmikan Starlink, Sediakan Akses Internet untuk Puskesmas

Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Elon Musk resmi menghadirkan Starlink di Bali pada Minggu (19/5) kema..


;