News

Trafik Data XL Axiata Alami Kenaikan 37% Selama Libur Lebaran

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H, antara 19 April – 27 April 2023. Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar lebih dari 37% dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan sekitar 17% dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan.

Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur seperti tahun-tahun sebelumya sebelum pandemi.

Smartfren Berhasil Antisipasi Lonjakan Traffic Selama Ramadhan dan Lebaran

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis.”

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Selama periode Libur Lebaran, trafik layanan didominasi oleh file access (Whatsapp, Facebook, Instagram File Access) mencapai 36%, Instan Messaging 33%, Games 11% dan Streaming yang mencapai 10%, serta layanan lainnya mencapai 9%.

Untuk layanan streaming video juga mengalami kenaikan, seperti Netflix mencapai 36%, Disney Hotstar 22%, TikTok 12% dan YouTube naik 5%.

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 43%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 55%, Twitter 15% dan Meta (Facebook) 4%.

Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Apple Map, Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 9-75% dibanding hari normal.

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa libur Lebaran tahun ini, XL Axiata sebelumnya telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2x dibandingkan hari normal.

Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. XL Axiata mengerahkan 160 unit mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan.

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Bill Gates Sebut ChatGPT Dapat Gantikan Guru
News

Bill Gates Sebut ChatGPT Dapat Gantikan Guru

Gadgetdiva.id — Bill Gates menyebut bahwa teknologi chatbot AI ChatGPT dapat berfungsi seb..

Smartfren Berhasil Antisipasi Lonjakan Traffic Selama Ramadhan dan Lebaran
News

Smartfren Berhasil Antisipasi Lonjakan Traffic Selama Ramadhan dan Lebaran

Gadgetdiva.id – Smartfren telah berhasil mengantisipasi lonjakan traffic selama Ramadan dan..

Kinerja Keuangan Indosat Naik Dua Digit di Kuartal Pertama 2023
News

Kinerja Keuangan Indosat Naik Dua Digit di Kuartal Pertama 2023

Gadgetdiva.id – Indosat Ooredoo Hutchison hari ini melaporkan kinerja keuangan untuk kuarta..

Indosat Hadirkan CoE Lab di Jakarta
News

Indosat Hadirkan CoE Lab di Jakarta

Gadgetdiva.id — Berkolaborasi bersama Tech Mahindra, Indosat menghadirkan Center of Excell..


;