Tokopedia Baru Nyemplung ke Dunia AR

0
Tokopedia

Gadgetdiva.id — Tokopedia baru saja meluncurkan fitur Augmented Reality (AR) pada platformnya. Fitur tersebut diresmikan hari ini (24/5).

Kehadiran fitur AR di Tokopedia ini memungkinkan pengguna untuk mencoba produk makeup yang ingin mereka beli. Seperti lipstik, foundation dan lainnya.

Meski bisa dibilang cukup telat terjun ke dunia AR ini, fitur AR ini dihadirkan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja online penggunanya. Terutama dalam memilih makeup yang sesuai dengan warna kulit mereka.

Fitur AR ini telah hadir untuk aplikasi Tokopedia di iOS dan Android. Melalui fitur AR ini, kamu dapat mencoba hingga empat varian warna produk secara bersamaan.

“Inovasi teknologi AR Tokopedia hadir berkat kolaborasi bersama mitra strategis demi memberikan nilai tambah pada pengalaman belanja online,” tutur Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia, Azzahra Rahmani Ali dalam acara peresmian fitur tersebut pada Rabu (24/5).

Fitur AR tersebut bernama Virtual Try On. Untuk dapat menggunakannya, Paradiva cukup ketik ‘Virtual Try On’ pada kolom pencarian. Kemudian, klik tulisan tersebut.

Dalam halaman tersebut, kamu akan diarahkan untuk mencoba berbagai produk dengan AR. Klik opsi ‘Cobain barangnya, yuk’ untuk mencoba produk yang kamu inginkan.

Selain AR, Tokopedia Hadirkan 2 Fitur Lainnya

Tak hanya meluncurkan fitur AR, aplikasi e-commerce ini turut menghadirkan fitur Keyboard Tokopedia. Melalui fitur ini, pengguna dapat membagikan wishlist mereka kepada orang lain. Hanya saja fitur ini masih tersedia untuk pengguna iOS.

Untuk mengaktifkan fitur Keyboard Tokopedia, pengguna bisa klik Settings (Pengaturan) di perangkat iOS dengan aplikasi Tokopedia versi 2.217 atau yang lebih baru, kemudian pilih Tokopedia.

Selanjutnya, klik menu ‘Keyboards’ dan aktifkan toggle Tokopedia, serta Allow Full Access. Pengguna lalu hanya perlu ke aplikasi chat apa pun dan klik serta tahan ikon , dan klik Tokopedia.

Tak hanya itu, ada juga fitur Bagikan Alamat yang memudahkan kita untuk berbagi alamat dengan teman maupun kerabat dengan mudah. Melalui fitur ini, pengguna yang ingin mengirimkanmu barang tak perlu lagi mengetik alamat secara manual.

Tokopedia

Untuk meminta alamat dari teman atau kerabat yang ingin dikirimi hadiah, pengguna bisa masuk ke aplikasi Tokopedia lalu klik ikondi pojok kanan atas halaman utama. Kemudian klik ikon dan pilih ‘Daftar Alamat’.

Pilih tab ‘Dari Teman’, lalu klik ‘Minta alamat ke teman kamu’. Setelah itu, pengguna dapat memasukkan email atau nomor handphone teman yang ingin dikirimkan permintaan alamat, lalu klik ‘Minta Alamat’.

Bagi pengguna yang menerima permintaan alamat, buka aplikasi Tokopedia dan klik ikondi halaman utama Tokopedia. Kemudian, klik notifikasi permintaan alamat, misalnya ‘Toppers meminta alamat kamu!’ dan pilih alamat untuk dibagikan, lalu klik ‘Bagikan Alamat’.

Pengguna juga dapat mengirimkan alamat yang terdaftar di aplikasi Tokopedia mereka secara langsung kepada teman atau kerabat (sesama pengguna Tokopedia lainnya) lewat fitur Bagikan Alamat.

Caranya, klik ikondi pojok kanan atas halaman utama, kemudian klik ikon dan pilih ‘Daftar Alamat’. Klik ikon pada alamat yang ingin dikirim, lalu masukkan email atau nomor handphone teman atau kerabat yang ingin dikirimkan alamat tersebut.

Sementara itu, pengguna yang sudah dikirimi alamat dari teman atau kerabat lewat fitur Bagikan Alamat di Tokopedia, mereka hanya perlu klik ikon notifikasipada halaman utama Tokopedia.

Kemudian, klik notifikasi yang memberi tahu bahwa teman atau kerabat telah mengirimkan alamat, misalnya ‘Toppers mengirimkan alamat!’.

Selanjutnya, pengguna bisa pilih alamat tersebut dan klik ‘Simpan’ dan setelah itu alamat akan tersimpan secara otomatis di Daftar Alamat.

Fitur Keyboard Tokopedia dan Bagikan Alamat ini sudah dapat digunakan oleh pengguna. Fitur ini berlaku untuk seluruh kategori produk yang terdapat di Tokopedia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan