News

Tokopedia Baru Nyemplung ke Dunia AR

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Tokopedia baru saja meluncurkan fitur Augmented Reality (AR) pada platformnya. Fitur tersebut diresmikan hari ini (24/5).

Kehadiran fitur AR di Tokopedia ini memungkinkan pengguna untuk mencoba produk makeup yang ingin mereka beli. Seperti lipstik, foundation dan lainnya.

Meski bisa dibilang cukup telat terjun ke dunia AR ini, fitur AR ini dihadirkan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja online penggunanya. Terutama dalam memilih makeup yang sesuai dengan warna kulit mereka.

Fitur AR ini telah hadir untuk aplikasi Tokopedia di iOS dan Android. Melalui fitur AR ini, kamu dapat mencoba hingga empat varian warna produk secara bersamaan.

“Inovasi teknologi AR Tokopedia hadir berkat kolaborasi bersama mitra strategis demi memberikan nilai tambah pada pengalaman belanja online,” tutur Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia, Azzahra Rahmani Ali dalam acara peresmian fitur tersebut pada Rabu (24/5).

Fitur AR tersebut bernama Virtual Try On. Untuk dapat menggunakannya, Paradiva cukup ketik ‘Virtual Try On’ pada kolom pencarian. Kemudian, klik tulisan tersebut.

Dalam halaman tersebut, kamu akan diarahkan untuk mencoba berbagai produk dengan AR. Klik opsi ‘Cobain barangnya, yuk’ untuk mencoba produk yang kamu inginkan.

Selain AR, Tokopedia Hadirkan 2 Fitur Lainnya

Tak hanya meluncurkan fitur AR, aplikasi e-commerce ini turut menghadirkan fitur Keyboard Tokopedia. Melalui fitur ini, pengguna dapat membagikan wishlist mereka kepada orang lain. Hanya saja fitur ini masih tersedia untuk pengguna iOS.

Untuk mengaktifkan fitur Keyboard Tokopedia, pengguna bisa klik Settings (Pengaturan) di perangkat iOS dengan aplikasi Tokopedia versi 2.217 atau yang lebih baru, kemudian pilih Tokopedia.

Selanjutnya, klik menu ‘Keyboards’ dan aktifkan toggle Tokopedia, serta Allow Full Access. Pengguna lalu hanya perlu ke aplikasi chat apa pun dan klik serta tahan ikon , dan klik Tokopedia.

Tak hanya itu, ada juga fitur Bagikan Alamat yang memudahkan kita untuk berbagi alamat dengan teman maupun kerabat dengan mudah. Melalui fitur ini, pengguna yang ingin mengirimkanmu barang tak perlu lagi mengetik alamat secara manual.

Tokopedia

Untuk meminta alamat dari teman atau kerabat yang ingin dikirimi hadiah, pengguna bisa masuk ke aplikasi Tokopedia lalu klik ikondi pojok kanan atas halaman utama. Kemudian klik ikon dan pilih ‘Daftar Alamat’.

Pilih tab ‘Dari Teman’, lalu klik ‘Minta alamat ke teman kamu’. Setelah itu, pengguna dapat memasukkan email atau nomor handphone teman yang ingin dikirimkan permintaan alamat, lalu klik ‘Minta Alamat’.

Bagi pengguna yang menerima permintaan alamat, buka aplikasi Tokopedia dan klik ikondi halaman utama Tokopedia. Kemudian, klik notifikasi permintaan alamat, misalnya ‘Toppers meminta alamat kamu!’ dan pilih alamat untuk dibagikan, lalu klik ‘Bagikan Alamat’.

Pengguna juga dapat mengirimkan alamat yang terdaftar di aplikasi Tokopedia mereka secara langsung kepada teman atau kerabat (sesama pengguna Tokopedia lainnya) lewat fitur Bagikan Alamat.

Caranya, klik ikondi pojok kanan atas halaman utama, kemudian klik ikon dan pilih ‘Daftar Alamat’. Klik ikon pada alamat yang ingin dikirim, lalu masukkan email atau nomor handphone teman atau kerabat yang ingin dikirimkan alamat tersebut.

Sementara itu, pengguna yang sudah dikirimi alamat dari teman atau kerabat lewat fitur Bagikan Alamat di Tokopedia, mereka hanya perlu klik ikon notifikasipada halaman utama Tokopedia.

Kemudian, klik notifikasi yang memberi tahu bahwa teman atau kerabat telah mengirimkan alamat, misalnya ‘Toppers mengirimkan alamat!’.

Selanjutnya, pengguna bisa pilih alamat tersebut dan klik ‘Simpan’ dan setelah itu alamat akan tersimpan secara otomatis di Daftar Alamat.

Fitur Keyboard Tokopedia dan Bagikan Alamat ini sudah dapat digunakan oleh pengguna. Fitur ini berlaku untuk seluruh kategori produk yang terdapat di Tokopedia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

OPPO Umumkan 5 Pesepakbola Tanah Air untuk Lawan Kaka hingga Casillas!
News

OPPO Umumkan 5 Pesepakbola Tanah Air untuk Lawan Kaka hingga Casillas!

OPPO mengajak lima pemain sepak bola terbaik Indonesia untuk bermain melawan tim legenda UEFA Champi..

Studi Global Ciena Ungkap 60% Penyedia Layanan Komunikasi Percaya AI
News

Studi Global Ciena Ungkap 60% Penyedia Layanan Komunikasi Percaya AI

Sebuah riset global yang digerakkan oleh Ciena menyoroti optimisme yang semakin meningkat dari penye..

BRIN Kembangkan Teknologi Satelit Canggih untuk Deteksi Ladang Ganja di Indonesia
News

BRIN Kembangkan Teknologi Satelit Canggih untuk Deteksi Ladang Ganja di Indonesia

BRIN mengembangkan teknologi satelit untuk mendeteksi ladang ganja di Indonesia, mendukung pengawasa..

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024
News

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Gelaran PackFest 2024

PackFest adalah upaya dari Rumah BUMN Telkom untuk meningkatkan mutu produk dengan memberikan bantua..

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia
News

Telkomsat Kolaborasi dengan Starlink, Hadirkan Solusi Enterprise Terbaru di Indonesia

Telkomsat bekerjasama dengan Starlink untuk menyajikan solusi bisnis terdepan di Indonesia. Temukan ..


;