Microsoft Gelar Kompetisi AI for Accessibility Hackathon 2023

0

Gadgetdiva.id – Microsoft dan Telkom University baru saja menyelesaikan rangkaian kompetisi hackathon AI for Accessibility (AI4A). Sebanyak 26 tim yang terdiri dari mahasiswa Telkom University lintas jurusan berpartisipasi untuk memecahkan tantangan dunia nyata yang dihadapi penyandang disabilitas–mulai dari kehidupan sehari-hari, pekerjaan, hingga komunikasi–dengan bantuan teknologi AI.

Hasilnya, tim ‘Katakan AI’ keluar sebagai pemenang, dan berhak memperoleh hadiah berupa kredit Azure, dukungan dari pakar teknis Microsoft, serta pendampingan berkelanjutan untuk mengembangkan ide mereka di Microsoft Azure.

‘Katakan AI’ adalah ide yang digagas oleh lima orang mahasiswa Telkom University untuk membantu teman tuli berkomunikasi secara seamless dengan teman dengar di ruang pertemuan virtual.

Ide tersebut didesain dalam dua bentuk arsitektur. Pertama, sebagai platform desktop dan mobile ‘Katakan AI’ yang berdiri sendiri. Kedua, sebagai extension di platform penyedia layanan konferensi.

“Ada lebih dari 1 miliar penyandang disabilitas di dunia, dengan sekitar 650 juta di antaranya berada di Asia. Banyak dari mereka membutuhkan teknologi bantu, tetapi hanya 1 dari 10 memiliki akses terhadap produk yang mereka butuhkan,” ujar Krishna Worotikan, Chief Financial Officer dan Diversity & Inclusion Lead Microsoft Indonesia.

Senada dengan Krishna, Dr. Z.K. Abdurahman Baizal, S.Si., M.kom, Dekan Fakultas Informatika Telkom University mengatakan, “Kami sangat bangga dengan kreativitas mahasiswa yang begitu mengagumkan. Mereka mampu come up dengan sudut pandang baru untuk membantu penyandang disabilitas. Di Indonesia, data Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 menunjukkan bahwa terdapat 22,5 juta penyandang disabilitas.”

Selain ‘Katakan AI’ yang keluar sebagai pemenang utama, sejumlah ide lain juga mendapatkan penghargaan khusus. Misalnya, ide tongkat bantu jalan pintar bagi penyandang tuna netra, aplikasi tata rias berbasis AI yang dapat membantu penyandang disabilitas penglihatan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian mereka saat merias diri, dan lain sebagainya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan