News

Soal Kebocoran Data Paspor WNI, Kaspersky: Lapor!

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.idKebocoran data paspor WNI (Warga Negara Indonesia) disinyalir melibatkan sekitar 34,9 juta pengguna. Sampai saat ini belum ada aksi apapun dari pemerintah dan pihak terkait.

Disinyalir, kebocoran data paspor WNI sudah sampai ke perdagangan data di web gelap. Namun, menurut Kaspersky, ada dampak jangka panjang yang akan terjadi dari aksi kebocoran tersebut.

Data Paspor Bocor, Kemenkominfo Lakukan Penelusuran

“Risiko pelanggaran data biasanya berlanjut untuk jangka panjang. Data terbuka yang digunakan oleh kriminal siber ini dapat mengubah jalan hidup siapa pun. Dan bahaya ini tidak hanya terbatas pada sektor pemerintahan atau bisnis karena bahkan individu biasa pun dapat terpengaruh secara parah,” ujar Adrian Ha, Managing Director Kaspersky Asia Pasifik, dalam keterangan resmminya, Jumat, 7 Juli 2023.

kebocoran data paspor WNIPhoto by Nicole Geri on Unsplash

Menurut Adrian, setiap saat, informasi yang bocor di tangan penjahat siber memungkinkan mereka untuk meniru atau menyebarkan penipuan rekayasa sosial. Dengan data yang terbuka, peretas dapat menghubungi pengguna, baik online atau offline.

“Mereka dapat mengirimi puluhan pesan, menandai tempat tinggal kita, melakukan transaksi keuangan yang melanggar hukum dengan berpura-pura menjadi kita, atau menyimpan data pribadi untuk menjualnya demi keuntungan finansial lebih lanjut,” jelas Adrian.

Selain itu, lanjutnya, para kriminal siber ini bahkan dapat menjual data yang diduga dicuri tersebut di web gelap. Misalnya saja, peneliti kami menemukan bahwa penjahat siber dapat menjual paspor yang dipindai dari $6 hingga $15 di platform gelap.

Oleh karena itu, Kaspersky mengimbau siapa saja WNI yang menyadari datanya bocor untuk melaporkan hal tersebut ke pihak yang berwenang.

Berikut langkah yang diberikan Kaspersky terkait kebocoran data paspor WNI:

  • Segera setelah menyadari bahwa data Anda mungkin disusupi, beri tahu orang-orang terdekat tentang situasi terkini sehingga mereka dapat menghindari kemungkinan penipuan menggunakan identitas Anda, dan membantu untuk melapor ke pihak berwenang.
  • Informasikan bank Anda atau otoritas penerbit untuk membatalkan dan mengganti barang yang telah hilang atau dicuri, seperti kartu debit/kredit, SIM, kartu Jaminan sosial, atau paspor, dll.
  • Melaporkan kepada pihak berwenang atau otoritas hukum di negara Anda.
  • Jika identitas yang dicuri digunakan pada platform media sosial, laporkan ke organisasi platform agar mereka dapat menindaklanjutinya.
  • Ubah semua kata sandi akun yang terpengaruh.

Bagi instansi pemerintahan terkait maupun perusahaan swasta di Indonesia, pintu Kaspersky selalu terbuka untuk membagikan keahlian kami kepada organisasi mana pun, baik publik maupun swasta, untuk menghadapi tantangan semacam ini.

Kabar kebocoran data paspor yang dilaporkan diduga telah menyebarkan informasi nama lengkap, nomor paspor, tanggal kadaluarsa paspor, tanggal lahir, dan data rahasia lainnya yang tercantum dalam paspor Indonesia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

QRIS Tak Lagi Gratis, BI Tetapkan Biaya 0,3 Persen
News

QRIS Tak Lagi Gratis, BI Tetapkan Biaya 0,3 Persen

Gadgetdiva.id — Bank Indonesia (BI) kini menetapkan tarif baru layanan QRIS untuk para pegi..

Data Paspor Bocor, Kemenkominfo Lakukan Penelusuran
News

Data Paspor Bocor, Kemenkominfo Lakukan Penelusuran

Gagdetdiva.id — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melaporkan bahwa pih..

Mantan Pimpinan Fave Luncurkan First Move, Modal Ventura untuk Startup
News

Mantan Pimpinan Fave Luncurkan First Move, Modal Ventura untuk Startup

Gadgetdiva.id – First Move, modal ventura tahap awal yang dipimpin oleh Audra Pakalnyte and..

XL SATU Fiber Kini Sudah Tersedia di Kota Batam
News

XL SATU Fiber Kini Sudah Tersedia di Kota Batam

Gadgetdiva.id – XL Axiata terus memperkuat posisinya sebagai operator pertama yang memperke..


;