OpenAI Umumkan GPT-4 Sudah Tersedia untuk Publik

1
Emmet Shear
Foto: Unsplash

Gadgetdiva.id — Di tengah kehebohan aplikasi Threads, OpenAI mengumumkan ketersediaan GPT-4 untuk umum. Pengumuman tersebut disampaikan pada hari ini, Jumat (7/7).

GPT-4 meurpakan model penghasil teks terbaru yang dibesut oleh OpenAI. Mulai sore ini, semua pengembang API OpenAI yang telah membayar dapat mengakses model teks tersebut.

OpenAI berencana untuk membuka akses mereka terhadap pengembang pada akhir bulan ini. Kemudian, mereka akan mulai menaikkan batas ketersediaan setelah GPT-4 ini dapat berantung dengan ketersediaan komputasi.

“Jutaan pengembang telah meminta akses ke API GPT-4 sejak Maret dan rangkaian produk inovatif yang memanfaatkan GPT-4 terus bertambah setiap hari,” tulis OpenAI dalam postingan blognya dikutip dari TechCrunch, Jumat.

GPT-4 dapat menghasilkan teks (termasuk kode) dan menerima input gambar dan teks. Seperti model GPT sebelumnya, GPT-4 telah dilatih menggunakan data yang tersedia untuk umum. Termasuk dari halaman web publik, serta data yang dilisensikan oleh OpenAI.

Kemampuan pemahaman gambar belum tersedia untuk semua pelanggan OpenAI. Perusahaan mengujinya dengan satu mitra, yakni Be My Eyes sebagai permulaan. Namun, belum menunjukkan kapan akan membukanya ke absis pelanggan yang lebih luas.

Dalam pengumuman terkait hari ini, OpenAI menyatkana bahwa DALL-E 2 dan Whisper AI-nya tersedia secara umum. DALL-E 2 menjadi model penghasil gambar OpenAI dan “Whisper” mengacu pada model speech-to-text.

OpenAI juga mengatakan bahwa mereka berencana untuk menghentikan model lama yang tersedia melalui API-nya untuk mengoptimalkan kapasitas komputasinya. Mulai 4 Januari 2024, model OpenAI lama tertentu — khususnya GPT-3 dan turunannya tak akan tersedia lagi.

Model tersebut akan diganti dengan model base GPT-3 baru yang dianggap lebih efisien dalam komputasi. Pengembang yang menggunakan model lama harus meningkatkan integrasi mereka secara manual pada 4 Januari dan mereka yang ingin terus menggunakan model lama harus menyempurnakan penggantian di atas model dasar GPT-3 yang baru.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan