Kominfo Angkat Bicara Soal Dugaan Kebocoran 337 Juta Data Dukcapil

0
Kominfo

Gadgetdiva.id — Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Usman Kansong angkat bicara soal dugaan kebocoran 337 Juta data yang berasal dari Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dia menyatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pemeriksaan.

Menurut Usman, ada kelebihan dari angka 337 Juta data yang bocor tersebut. Mengingat jumlah penduduk keseluruhan di Indonesia ada 275 juta.

“Jumlah penduduk kita 275 juta, itu ada 300 berarti kan kelebihan, karena itu kita akan periksa seperti apa,” ungkap Usman kepada awak media pada Senin (17/7). 

Lebih lanjut, Usman melaporkan bahwa pihaknya sedang melakukan pemeriksaan. Yakni, dengan memanggil dan berkooridnasi dengan pengendali data, dalam kasus ini, Kemendagri dan BSSN.

Dia juga turut menambahkan bahwa pihaknya akan mendengar laporan dari mereka. Kemudian, jika ditemukan adanya kebocoran data, mereka akan melakukan audit untuk mencari tahu data yang bocor, lalu dapat dilaporkan ke Kominfo.

Jika terbukti adanya pengendalian data yang salah, maka pelaku akan mendapat sanksi. Sesuai dengan PP Nomor 70 tahun 2019.

“Kalo ada pengendalian data yang tidak baik maka sudah diatur dalam PP/71/2019 sanksi apa yang bisa kita jatuhkan kepada pengendali data,” imbuh dia. 

Di samping itu, Menkominfo Budi Arie turut menyampaikan pernyataan terkait dugaan kebocoran data ini. Dia menyatakan bahwa pihaknya akan segera menyelesaikan masalah ini.

“Soal kebocoran data bu Sekjen (Mira Tyyiba) udah bilang ada 300 juta ya NIK bocor. Padahal penduduk indonesia hanya 270. Penduduk Indonesia ada lebih dua. Ini pekerjaan rumah kita. Kita akan bagi tugas segera,” pungkas Budi Arie. 

Kominfo

Sebanyak 337.225.463 juta data Dukcapil dari Kemendagri diduga bocor dan dijual dalam forum online hacker BreachForums. Informasi kebocoran data tersebut dilaporkan oleh pendiri Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto pada Minggu (16/7).

337 juta data dukcapil yang bocor tersebut dijual oleh Hacker dengan nama RRR. Data tersebut terdiri atas nama, NIK, Nomor Kartu Keluarga, tanggal lahir, alamat, nama ayah, nama ibu, NIK ayah, NIK ibu, nomor akta lahir atau akta nikah dan lainnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini