Apple GPT Diam-diam Sedang dalam Pengembangan

0
WhatsApp dan Threads
Foto: CNET

Gadgetdiva.id — Apple dikabarkan sedang mengembangkan chatbot AI miliknya. Platform chatbot tersebut dinamakan Apple GPT.

Menurut laporan dari Bloomberg, Apple diam-diam sedang mengembangkan sebuah alat AI yang disebut oleh para insinyurnya sebagai Apple GPT. Secara tak langsung, nama tersebut mengacu pada ChatGPT, alat chatbot AI yang dipopulerkan oleh OpenAI.

Apple membangun layanan chatbot AI tersebut di atas model dasar miliknya sendiri yang dibuat oleh kerangkat kerja, Ajax. Kerangkat tersebut pertama kali dibangun tahun lalu dengan basis Google Cloud.

Upaya ini dilakukan Apple beberapa bulan setelah OpenAI merilis ChatGPT. Kehadiran Apple GPT ini sudah dipastikan akan menjadi pesaing dari ChatGPT milik OpenAI, Google Bard, Microsoft Bing, Meta dan lainnya.

Karyawan Apple hanya dapat menggunakan alat Apple GPT ini secara internal. Sedangkan, para eksekutif pun belum dapat memastikan kapan layanan ini dapat diluncurkan secara publik.

Perusahaan pemilik iPhone ini telah melewati beberapa masalah keamanan yang menghentikan proses pengerjaan Apple GPT. Namun, alat ini telah tersedia untuk beberapa karyawan Apple.

Hanya saja, diperlukan persetujuan khusus untuk mengaksesnya. Plus, pengguna dilarang memanfaatkan hasil apapun untuk mengembangkan fitur-fitur yang terkait dengan pelanggan.

Apple GPT
CEO Apple Tim Cook

AI sendiri telah menjadi topik hangat di berbagai media saat ini. Mengutip dari ZDNET, Mark Gurman dari Bloomberg menjelaskan bahwa AI sendiri telah menjadi upaya besar bagi Apple dalma beberapa bulan terakhir, namun timnya tidak siap untuk mengumumkan informasi tersebut kepada publik.

Sementara, CEO Apple Tim Cook memilih untuk bungkam terkait masalah adopsi AI generatif di lebih banyak produk Apple. Meskipun, dia pernah mengungkap kekhawatirannya terhadap AI generatif beberapa waktu lalu.

Apple sendiri menggunakan AI di seluruh perangkat lunak yang ada dalam semua perangkat buatannya dalam bentuk pembelajaran mesin. Mulai dari Siri, asisten virtualnya, menggunakan ML dan pemrosesan bahasa alami dan telah ditingkatkan melalui kerangka kerja Ajax.

AI generatif ini telah terbukti menjadi tantangan bagi perusahaan yang mencari strategi sebelum mengkomersilkan chatbot AI Apple yang pertama.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan