Hati-hati! Beredar Penipuan Online Berkedok Barbenheimer

0
Barbenheimer

Gadgetdiva.id — Fenomena Barbenheimer (Barbie dan Oppenheimer) kerap meramaikan media sosial beberapa pekan belakangan ini. Sebab, kedua film tersebut tayang secara bersamaan, yakni 19 Juli 2023.

Baik Barbie maupun Oppenheimer sama-sama ditunggu oleh para penggemar film. Hal tersebut dikarenakan kedua film ini melibatkan jajaran aktor dan sutradara kenamaan Hollywood.

Sayangnya, ramainya fenomena Barbenheimer ini justru dimanfaatkan oleh para penjahat siber. Menurut laporan dari Kaspersky, mereka memanfaatkan momen perilisan film tersebut untuk menyebarkan phishing.

“Pertunjukan perdana dan acara menarik menghadirkan gelombang antisipasi, tetapi di tengah kehebohan tersebut, penting bagi pengguna untuk tetap waspada dan mematuhi aturan keamanan online dasar,” ungkap Pakar Keamanan Kaspersky Olga Svistunova dalam pernyataan resminya dikutip Selasa (25/7). 

Kaspersky juga menemukan sebuah laman penipuan yang menyertakan penawaran khusus boneka Barbie dengan edisi terbatas. Yakni, boneka Barbie Margot Robbie yang dibanderol 12 poundsterling atau sekitar Rp. 232.000.

Laman tersebut akan meminta pembeli untuk mengisi formulir pembelian berupa informasi pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon dan informasi perbankan. Semua data pribadi yang dihimpun oleh mereka ini berisiko untuk dijual di pasar Dark Web.

Tak sampai di situ, para penjahat siber ini juga turut menipu para penggemar Oppenheimer. Modus yang dilakukan oleh mereka ialah dengan menawarkan streaming film secara gratis.

Para penipu tersebut akan meminta nominal biaya untuk pendaftaran sebesar satu dolar atau euro. Kemudian, mereka juga akan meminta para korban untuk menautkan kartu bank. Supaya, kartu bank tersebut dapat diakses secara tidak sah dan sulit dibatalkan dari akun pengguna.

Meskipun pengalamannya menggembirakan, kita tidak boleh mengabaikan risikonya. Dengan mempertahankan pola pikir waspada dan mempraktikkan kebiasaan online yang aman, kita dapat sepenuhnya menikmati pengalaman Barbie dan Oppenheimer sambil melindungi diri dari ancaman dunia maya yang mengintai di dunia digital,” tutup Olga. 

Kaspesrky juga turut memberi kiat-kiat untuk tetap wasapada supaya terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan Barbenheimer. Misalnya, tetap waspada saat menerima email atau pesan.

Berhati-hati saat menemukan situs web mencurigakan yang menwarkan penawaran eksklusif dan barang gratis. Periksa ulang keaslian sumber seblum membagikan informasi pribadi apapun atau melakukan transaksi online.

Kemudian, lakukan verifikasi mengenai keamanan situs web tersebut. Terutama saat ingin membeli barang maupun mengakses konten terkait secara online, cari “https://” di URL dan simbol gembok di bilah alamat untuk menunjukkan situs web yang aman.

Selanjutnya, gunakan software kemanan dan berhati-hati saat memberi informasi pribadi secara online. Andalkan situs web resmi untuk membeli merchandise, mengakses film maupun mendapatkan informasi terkait pemutaran film perdana.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan