Kominfo dan ASIOTI Siap Gelar Indonesia Smart Solutions Summit 2023

0
Aduannomor

Gadgetdiva.id — Indonesia Smart Solutions Summit (ISSS) 2023 siap digelar pada 1 November 2023 mendatang. Gelaran tersebut dilakukan untuk membangun eksositem IoT di tanah air.

Gelaran Indonesia Smart Solutions Summit 2023 ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Asosiati IoT Indonesia (ASIOTI). Gelaran adalah forum bersama untuk mendorong pengembangan dan implementasi teknologi IoT yang terintegrasi dengan AI solusi pintar di berbagai bidang. Mulai dari bidang ritel, kesehatan, transportasi hinga logistik.

Tema yang diangkan oleh Indonesia Smart Solutions Summit 2023 ialah Unleashing the Power of Digital Transformation”. Berdasarkan penjelasan dari Ketua Umum ASIOTI Teguh Prasetya, puncak acara ini akan terbagi dalam tiga rangkaian.

“Serta ditutup dengan expo bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk menunjukkan solusi pintar mereka untuk mendapatkan kesempatan perluasan pasar, fasilitas kemudahan dari regulator, hingga potensi pembiayaan pengembangannya,” tuturnya dikutip dari pernyataan resminya, Minggu (30/7).

Di antaranya ialah konferensi dan diskusi yang membahas isu terkini, pemberian apresiasi bagi korporasi yang telah berkontribusi terhadap pengembangan transformasi digital berbasis IoT.

Rangkaian gelaran tersebut akan dimulai lewat kegiatan Road to Indonesia Smart Solutions Summit digelar di tiga kota besar Indonesia. Di antaranya ialah Semarang, Bandung dan Malang.

Puncak acara ISS 2023 akan digelar di Jakarta. Adapun kegiatan yang dapat dilakukan dalam geralarna tersebut ialah mulai dari produk show case, diskusi panel, pertemuan komunitas dan industri, pemberian apresiasi hingga peluncuran katalog Digital Indonesia Smart Solution.

Kegiatan Road to Indonesia Smart Solutions Summit 2023 di Semarang berfokus pada solusi pintar yang sudah diimplementasikan secara luas dan komersial di masyarakat bidang smart home, building, dan warehouse.

Adapun pembahasan mengenai perkembangan komersialisasi AI dan IoT (AIoT) di bidang kesehatan dan wearable devices menjadi topik bahasan kegiatan di Bandung, disusul ulasan mendalam terkait solusi pintar bidang transportasi dan logistik di Malang.

Puncak acara Indonesia Smart Solutions Summit 2023 akan menampilkan pameran solusi pintar yang dimiliki oleh anggota ASIOTI dan pemenang IoT Creation yang telah diselenggarakan sejak tahun 2019.

ISS 2023 juga akan turut menjadi perayaan lima tahun perjalanan IoT Creation bersama Kominfo. Dalam acara ini, pihaknya juga akan turut mengundang stakeholder bersama ekosistem IoT. Hal tersebut dilakukan untuk membawa adopsi solusi pintar berbaasi internet of things, cloud dan AI.

Menurut Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail, Indonesia Smart Solutions Summit 2023 merupakan langkah nyata untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem IoT dalam rangka menuju Indonesia Maju di era digital.

“Diharapkan produk-produk berbasis teknologi karya anak bangsa dapat terus tercipta dan berkembang serta mampu bersaing secara global,” ungkapnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan