Kinerja XL Axiata Alami Peningkatan di Half Pertama 2023
- by Jundi Amrullah
- Selasa, 1 Agustus 2023 - 07:01 WIB
Gadgetdiva.id – XL Axiata berhasil meraih pertumbuhan yang semakin kuat di sepanjang semester pertama tahun 2023. Kinerja keuangan perseroan tumbuh double digit di tengah kompetisi dan dinamika industri.
Selama periode ini, XL Axiata terus memperkuat eksekusi strategi konvergensi dengan mendorong bisnis fixed mobile convergence (FMC) di semua area, termasuk pada produk, infrastruktur jaringan dan IT, hingga manajemen.
XL Axiata berhasil meraih total pendapatan sebesar Rp 15,78 triliun, tumbuh sebesar 12% lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu (YoY). Pendapatan data dan layanan digital mencapai Rp 14,41 trilun, atau sekitar 91% dari total pendapatan.
Pertumbuhan yang kuat ditambah dengan keunggulan pengelolaan biaya tersebut membawa dampak positif terhadap EBITDA yang tumbuh 14% YoY dengan margin yang meningkat ke 49%, menjadi Rp 7,65 triliun.
Selain itu, XL Axiata juga membukukan pertumbuhan laba bersih setelah dinormalisasi (NPAT), yaitu sebesar Rp 658 miliar.
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, “XL Axiata kembali berhasil mencatat kinerja yang solid, tumbuh double digit untuk Semester 1 2023. Pertumbuhan double digit kami raih pada Pendapatan, EBITDA, dan NPAT.”
Pada pengembangan layanan FMC, Dian menambahkan, XL Axiata terus memperkuat fondasi sebagai perusahaan menyedia layanan konvergensi terdepan di Indonesia.
Bukan hanya pada produk yang sudah convergence, namun juga pada sisi organisasi, jaringan, IT, hingga distribusi. Jadi hingga saat ini, XL Axiata masih yang terdepan untuk layanan FMC.
XL Axiata menutup semester pertama 2023 dengan total pelanggan sebanyak 58 juta, dengan pencapaian blended ARPU (average revenue per user) yang juga meningkat dari Rp 38 ribu di periode yang sama tahun sebelumnya menjadi sebesar Rp 41 ribu.
Meningkatnya blended ARPU ini tentunya searah dengan fokus perusahaan untuk meraih dan mempertahankan pelanggan yang produktif.
Selain itu, strategi transformasi digital yang dijalankan XL Axiata termasuk dalam mengembangkan pengalaman pelanggan melalui aplikasi MyXL dan AXISNet terus menunjukkan efektivitasnya. Kedua aplikasi telah memberikan hasil yang sangat kuat hingga enam bulan pertama 2023.
Tercatat lebih dari 27 juta pelanggan yang aktif menggunakan MyXL dan AXISNet, dengan pertumbuhan Monthly Active User (MAU) telah mencapai 77% sejak Desember 2021.
Tingkat penggunaan MyXL dan AXISNet menunjukkan semakin meningkatnya pengalaman pelanggan dan monetisasi oleh XL Axiata melalui pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pelanggan.
Lebih banyak pengguna di kedua aplikasi tersebut akan mempertajam prediksi tentang tren yang akan datang dan perilaku pelanggan, serta memungkinkan untuk memberikan penawaran yang tepat kepada pelanggan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News
Artikel Terkait
Peran Satelit SATRIA-1 Dorong Ekonomi Digital di Indonesia
Gadgetdiva.id — Satelit SATRIA-1 telah diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informat..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 tahun lalu
- 3,250
Ini Rencana Pembangunan Satelit SATRIA-2
Gadgetdiva.id — Kepala Divisi Infrastruktur BAKTI Kominfo Sri Sanggrama Aradea menyinggung..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 tahun lalu
- 3,250
Kominfo Pastikan Satelit SATRIA-1 Fokus Beri Akses Internet ke Pendidikan
Gadgetdiva.id — Satelit SATRIA-1 telah resmi diluncurkan pada pertengahan bulan Juni 2023 ..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 tahun lalu
- 3,250
Kominfo dan ASIOTI Siap Gelar Indonesia Smart Solutions Summit 2023
Gadgetdiva.id — Indonesia Smart Solutions Summit (ISSS) 2023 siap digelar pada 1 November ..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 tahun lalu
- 3,250