Ini Rencana Pembangunan Satelit SATRIA-2

0
SATRIA-2
Sri Sanggarama Aradea, Kepala Divisi Infrastruktur BAKTI Kominfo

Gadgetdiva.id — Kepala Divisi Infrastruktur BAKTI Kominfo Sri Sanggrama Aradea menyinggung bahwa pihaknya berencana untuk membangun satelit SATRIA-2. Pembangunan satelit tersebut rencananya akan dilakukan pada tahun 2024 hingga 2026.

Disampaikannya pada acara talkshow Forwat x BAKTI pada Senin (31/7), Aradea menyatakan bahwa tujuan dibangunnya satelit SATRIA-2 nantinya untuk menambah kecepatan yang diberikan oleh satelit ke 150 ribu titik. Targetnya tidak akan bertambah, namum kapasitasnya akan terus ditambah.

“Bentuknya SATRIA-2 ini belum tentu harus membangun satelit baru. Bisa juga kita mengakusisi teknologi-teknologi saat ini yang cukup banyak,” imbuh Aradea.

SATRIA-2 merupakan twin satellite alias satelit kembar. Masing-masing satelit tersebut akan dinamakan SATRIA 2A dan 2B.

Nantinya, satelit SATRIA-2 ini akan memberi total kapasitas sebesar 300Gbps. Sehingga, layanan internet yang tersedia akan semakin andal dan cepat.

Di tahun 2024 mendatang, rencananya SATRIA-2 dapat disediakan oleh 2 satelit geostasioner (GSO) dengan kapasitas total 300 giga byte. Sehingga, nantinya kapasitas total yang akan dimilikinya di tahun 2026 kurang lebih mencapai sekitar 500 giga byte.

Sebelumnya, rencana dibuatnya SATRIA-2 ini telah digaungkan sejak Februari 2022. Saat itu, SATRIA-2 telah masuk buku perencanaan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Sementara itu, Kominfo sendiri sudah meluncurkan Satelit SATRIA-1 pada bulan Juni 2023 lalu di Amerika Serikat. Kini, satelit tersebut masih dalam masa perjalanan menuju orbit 146 BT dan diproyeksikan akan sampai  pada bulan November 2023.

SATRIA-1 diproyeksikan akan mulai dapat beroperasi di akhir tahun 2023 atau Januari 2024. Satelit ini akan melayani titik-titik fasilitas publik terpilih di wilayah teritnggal, terdepan dan terluar (3T) Indonesia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan