News

Peran Satelit SATRIA-1 Dorong Ekonomi Digital di Indonesia

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Satelit SATRIA-1 telah diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada 19 Juni 2023 lalu. Satelit ini disebut memiliki peran dalam memajukan perekonomian digital Indonesia.

Guru Besar Universitas Airlangga, Prof. Henri Subiakto menyatakan bahwa dampak satelit SATRIA-1 ini akan sangat luar biasa. Sebab, ketika jutaan manusia terkoneksi secara teknologi, mereka juga akan terkoneksi secara sosial, politik, dan ekonomi.

Kominfo Pastikan Satelit SATRIA-1 Fokus Beri Akses Internet ke Pendidikan

“Dengan SATRIA-1 yang merupakan milik RI dan dikendalikan Indonesia, tentu sangat relevan untuk menjaga kedaulatan internet negeri,” ungkap Henri dalam acara BAKTI x Forwat bertajuk “Bagaimana Satria-1 Memacu Ekonomi Digital Indonesia” di Jakarta, Senin (31/7). 

Satelit SATRIA-1 diproyeksikan akan berperan dalam memacu perkeonomian digital di wilayah 3T Indonesia. Salah satu caranya ialah dengan meningkatkan inklusi digital masyarakat.

Satelit ini akan memberi akses internet gratis untuk sekolah, puskesmas, kantor pemeritnah dan fasilitas publik lainnya di wilayah 3T. Hal ini memungkinkan masyarakat di sana untuk mendapat informasi, pendidikan, kesehatan dan pelayanan publik secara online.

Lebih lanjut, Satelit SATRIA-1 ini dikatakan juga dapat membuka peluang bagi masyarakat di wilayah 3T dalam berpartisipasi untuk memajukan ekonomi digital. Misalnya, dengan menjadi penjual atau pembeli di platform e-commerce, menggunakan layanan perbankan digital, atau mengembangkan usaha kreatif berbasis digital.

Peran lainnya dari satelit SATRIA-1 ini ialah mendukung pengembangan sektor-sektor strategis di wilayah 3T. Satelit SATRIA-1 akan memberikan konektivitas yang andal dan berkualitas kepada sektor-sektor seperti pertanian, perikanan, pariwisata, pertambangan, dan energi di wilayah 3T.

Dengan adanya akses internet berkecepatan tinggi, sektor-sektor ini dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan inovasi melalui pemanfaatan teknologi digital. 

Satelit ini akan memberikan akses internet berkecepatan tinggi kepada seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali, sehingga mendorong inklusi digital dan pengembangan sektor-sektor strategis di wilayah 3T. Dengan begitu, satelit SATRIA-1 akan turut berkontribusi dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maju dan sejahtera di era digital. 

SATRIA-1 sendiri saat ini telah mengudara di orbit 146 BT (Bujur Timur). Menurut Project Manager SATRIA-1 PT. Pasifik Satelit Nusantara Nia Asmady, satelit ini sedang bergerak menuju orbit menggunakan sistem propulsi elektrik. 

Satelit SATRIA-1 diproyeksi akan sampai pada orbit 146E di bulan November 2023. Setelah sampai di orbit tersebut, satelit akan diuji coba terakhir untuk sistem payload (In-Orbit Testing) serta sistem secara keseluruhan (End-to-End Testing) sebelum memulai Masa Operasi.

“Instalasi komponen ruas bumi seperti RF equipment dan sistem monitoring masih berjalan. Perencanaan untuk deployment kapasitas masih dalam tahap finalisasi,” imbuh Nia. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Ini Rencana Pembangunan Satelit SATRIA-2
News

Ini Rencana Pembangunan Satelit SATRIA-2

Gadgetdiva.id — Kepala Divisi Infrastruktur BAKTI Kominfo Sri Sanggrama Aradea menyinggung..

Kominfo Pastikan Satelit SATRIA-1 Fokus Beri Akses Internet ke Pendidikan
News

Kominfo Pastikan Satelit SATRIA-1 Fokus Beri Akses Internet ke Pendidikan

Gadgetdiva.id — Satelit SATRIA-1 telah resmi diluncurkan pada pertengahan bulan Juni 2023 ..

Kominfo dan ASIOTI Siap Gelar Indonesia Smart Solutions Summit 2023
News

Kominfo dan ASIOTI Siap Gelar Indonesia Smart Solutions Summit 2023

Gadgetdiva.id — Indonesia Smart Solutions Summit (ISSS) 2023 siap digelar pada 1 November ..

Project S TikTok Dipastikan Tak Akan Masuk Indonesia
News

Project S TikTok Dipastikan Tak Akan Masuk Indonesia

Gadgetdiva.id — TikTok Indonesia memastikan bahwa pihaknya tak akan membesut Project S. Ha..


;