Susul Opsel Lain, eSIM Telkomsel Diprediksi Meluncur Tahun Ini

0
eSIM

Gadgetdiva.id — eSIM milik Telkomsel diprediksi bakal hadir tahun ini. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh VP Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono pada hari ini, Senin (21/8).

“(eSIM) on progress sambil menunggu regulasi Kominfo,” ungkap Saki yang ditemui Gadgetdiva, hari ini.

Untuk update terkini, Telkomsel sedang menunggu regulasi dari Kementerian Kominfo. Regulasi tersebut mencakup tak ada bentuk fisik dari eSIM dan data center. Sedangkan, untuk eSIM dan platformnya masih on progress.

“Macam-macam regulasi terkait atura eSIM seperti, kan nanti nggak ada fisik, data center gimana. Itu harus comply ke pemerintah,” imbuh Saki.

eSIM alias Embedded Subscriber Identity Modul ini berbeda dengan kartu SIM fisik yang harus terpasang pada sebuah ponsel. eSIM tidak terseida dalam bentuk fisik, melainkan ditanamkan pada perangkat seluler.

eSIM

Sehingga, pengguna tak perlu lagi memasukkan kartu pada slot SIM. Alih-alih, mereka harus mengunduh aplikasi operator seluler, kemudian mendaftarnya secara dring untuk memasangkan nomor mereka ke seluler ponsel.

Saki menjelaskan bahwa eSIM Telkomsel nantinya tak langsung tersedia untuk semua pelanggan. Sedangkan, pihaknya kini masih melakukan review internal terkait menyediakan benefit bagi pengguna.

“Kalau nanti eSIM dibuka nggak tersebar untuk semua pelanggan, mungkin IoT dulu, post paid. Di internal masih kita lihat benefitnya seperti apa,” imbuh Saki.

eSIM sejatinya memiliki fungsi yang sama dengan kartu SIM konvensional. Dengan layanan eSIM ini, pengguna masih bisa tersambung ke layanan seluler dan menggunakannya untuk menelepon sampai terhubung dengan internet.

Sistem eSIM ini dinilai lebih aman karena nomor seluler tak dapat dikeluarkan dari ponsel. Sehingga, saat gawai hilang, pengguna dapat melacak ponsel mereka melalui eSIM tersebut.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan