News

Platform Milik Telkom Dukung Optimalkan Hasil Panen Budi Daya Rumput Laut di NTT

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Dalam upaya mempercepat digitalisasi yang ekonomis dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat, Telkom Indonesia melalui Agree sebagai platform agrobisnis yang berada di bawah payung Leap-Telkom Digital, berupaya mendigitalisasikan para pelaku budi daya rumput laut di NTT.

Salah satunya melalui kerja sama antara Agree dengan Organisasi Perburuhan Internasional atau International Labour Organization (ILO), dalam mengimplementasikan teknologi digital bagi ekosistem rantai nilai rumput laut di wilayah Sumba Timur, NTT.

Jaringan 4G XL Axiata Kini Tersedia di Pulau Alor

“Kualitas rumput laut di Indonesia khususnya di NTT cukup digemari dan menjadi komoditas pertanian yang diekspor ke berbagai negara. Melalui platform Agree yang telah bekerja sama dengan ILO, petani rumput laut di NTT bisa memanfaatkan teknologi digital agar hasil panennya semakin meningkat,” ujar Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid.

telkom

Sebagai langkah awal, platform Agree diterapkan pada salah satu mitra ILO yaitu PT Algae Sumba Timur Lestari (ASTIL) yang merupakan perusahaan agribisnis milik Pemerintah Kabupaten Sumba Timur.

ASTIL memanfaatkan layanan Agree Traceability Hulu Hilir sebagai upaya mendigitalisasikan rantai pasok rumput lautnya. Agree Traceability Hulu-Hilir dapat membantu dalam memantau dan mencatat setiap tahapan budi daya rumput laut, seperti pemeliharaan, pengolahan, dan distribusi produk.

Lebih lanjut, Agree juga akan mengirimkan Field Assistant (FA) untuk melakukan sosialisasi dan pencatatan, sebagai bentuk pembinaan berkelanjutan dari kegiatan ILO yang sebelumnya telah mendatangkan ahli dan tim dari luar negeri untuk memberikan pelatihan kepada para petani rumput laut di NTT.

Berbagai upaya yang dilakukan Telkom melalui Agree dan kerja sama dengan ILO, merupakan langkah penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan ekonomi di NTT. Melalui pemanfaatan Agree, selama tiga bulan terakhir transaksi antara petani dan ASTIL berhasil meraup nilai transaksi lebih dari Rp12 miliar secara kumulatif.

Usaha budi daya rumput laut menjadi mata pencaharian utama bagi sebagian besar masyarakat pesisir di NTT. Dengan menggunakan teknologi digital yang ada di platform Agree, para pelaku budi daya rumput laut di NTT dapat meningkatkan hasil panennya dengan melakukan monitoring dan analisis kualitas produk. Tak hanya itu, Agree juga memudahkan komunikasi dan transaksi para petani cukup lewat satu platform saja.

“Kehadiran Agree bertujuan agar produksi rumput laut di NTT semakin meningkat sehingga berdampak langsung terhadap kesejahteraan dari para petani rumput laut. Kami berharap ke depannya Agree dapat melayani seluruh kawasan di Indonesia, sehingga kesejahteraan petani Indonesia akan semakin meningkat”, tutup Fajrin.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Startup Desty Bekali UMKM Indonesia di Panggung Konferensi ISSE 2023
News

Startup Desty Bekali UMKM Indonesia di Panggung Konferensi ISSE 2023

Gadgetdiva.id – Desty, startup teknologi solusi commerce yang berbasis di Indonesia, sukses..

Jaringan 4G XL Axiata Kini Tersedia di Pulau Alor
News

Jaringan 4G XL Axiata Kini Tersedia di Pulau Alor

Gadgetdiva.id – XL Axiata terus mendukung visi pemerintah dalam percepatan pembangunan nasi..

Nonton Drakor Bisa Ke Korea? Telkomsel dan Viu Luncurkan Program "Annyeong Korea"
News

Nonton Drakor Bisa Ke Korea? Telkomsel dan Viu Luncurkan Program "Annyeong Korea"

Gadgetdiva.id – Telkomsel meluncurkan program kolaborasi bersama Viu Indonesia, yakni ̶..

Pabrik AC Sharp Resmi Beroperasi di Indonesia
News

Pabrik AC Sharp Resmi Beroperasi di Indonesia

Gadgetdiva.id – Pabrik produk penyejuk udara ( AC ) Sharp yang dibangun sejak Februari 2022..


;