Foxconn Tawarkan Gaji Lebih Tinggi untuk Karyawan yang Besut HP Huawei dibanding iPhone

0
Foxconn

Gadgetdiva.id — Foxconn Technology Group, salah satu pemasok terbesar Apple, dikabarkan menawarkan gaji yang lebih tinggi untuk karyawannya yang membuat perangkat Huawei dibanding iPhone di China.

Para karyawan yang membesut smartphone ini merupakan bagian dari unit FIH Foxconn. Mereka beroperasi di bawah anak perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Foxconn International.

Melansir dari SCMP, para karyawan tersebut menyampaikan bahwa Foxconn menawarkan upah sebesar 26 yuan atau sekitar Rp. 55 Ribuan per jam untuk pekerja baru di pabrik Shenzen.

Tarif ini lebih tinggi dari tarif per jam sebesar 21 yuan yang ditawarkan perusahaan kepada integrated Digital Product Business Group (iDPBG) yang bertanggung jawab atas pembestuan iPhone di Foxconn.

“Karyawan baru akan tahu ponsel apa yang mereka buat setelah pabrik mengalokasikannya ke tim yang berbeda berdasarkan permintaan saat ini, tetapi saat ini mereka memiliki peluang lebih tinggi untuk pembuat perangkat di Huawei,” ungkap seorang agen di Shenzen.

Foxconn sendiri berbasis di Taiwan. Perusahaan ini secara resmi dikenal sebagai Hon Hai Precision Industry yang tidak segera membalas permintaan komentar terkait tarif per jamnya.

Perekrutan ini terjadi di tengah perlombaan produksi dengan Apple dan Huawei yang baru-baru ini meluncurkan perangkat 5G baru di pasar smartphone besar di dunia.

Xu, agen perekrutan, mengatakan bahwa tarif per jam yang ditawarkan oleh FIH biasanya lebih tinggi daripada iDPBG karena unit produksi iPhone biasanya menawarkan program kesejahteraan yang lebih baik bagi para pekerja daripada yang lain.

Di Zhengzhou, dimana pabrik iPhone terbesar di dunia berada, Foxconn menawarkan bonus perekrutan peak season sebesar 6.480 yuan atau sekitar Rp. 10 Juta per orang dalam divisi Product Enclosure Business Group. Mereka merupakan tim yang bertanggung jawab untuk memproduksi suku cadang mekanis iPhone.

Apple sendiri meluncurkan iPhone 15 Series pada hari Rabu (13/9). Perangkat tersebut akan tersedia pada tanggal 22 September.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan