Model AI Tongyi Qianwen Milik Alibaba Tersedia untuk Publik

0
AI Tongyi Qianwen
Foto: South China Morning Post

Gadgetdiva.id — Resmi bersaing dengan Baidu dan perusahaan besar Tiongkok lainnya, Alibaba membuka model AI besutannya untuk umum. AI tersebut dinamakan AI Tongyi Qianwen.

Unit komputasi cloud Alibaba Group Holding telah membuka model bahasa besar (LLM) Tongyi Qianwen untuk publik. Langkah ini serupa yang dilakukan oleh perusahaan teknologi lokal lainnya setelah mendapat persetujuan pemerintah untuk meluncurkan layanan komersial seperti ChatGPT.

Melansir South China Morning Post, dalam sebuah artikel yang diterbitkan WeChat pada pekan lalu, Alibaba Group Intelligence menyatakan bahwa mereka bertujuan untuk memungkinkan setiap orang dan perusahaan mendapat manfaat dari LLM.

AI Tongyi Qianwen ini menggunakan teknologi chatbot AI termutakhir. Serupa dengan ChatGPT dan OpenAI.

Alibaba Cloud telah memulai uji coba beta Tongyi Qianwen pada bulan April lalu. Sejak saat itu, perusahaan telah bekerja sama dengan unit Alibaba lainnya.

Mulai dari platform e-commerce Taobao dan alat komunikasi kerja DingTalk, perusahaan smartphone OPPO untuk melatih LLM mereka sendiri maupun mengembangkan aplikasi berdasarkan Tongyi Qianwen.

Pemerintah Tiongkok sendiri pada akhir Agustus lalu telah mencabut larangan ketat terhadap persaingan ChatGPT yang aspiratif di negara tersebut. Keputusan ini muncul dua minggu setelah pihak berwenang memberlakukan peraturan nasional terkait teknologi tersebut.

Layanan yang disetujui termasuk Ernie Bot milik Baidu, serta layanan dari AI SenseTime, Baichuan, perusahaan baru milik pendiri Sogou, Wang Xiaochuan, dan perusahaan rintisan yang didukung oleh pemerintah, Zhipu AI.

Alibaba Group sendiri meningkatkan AI menjadi salah satu dari dua fokus strategis utamanya. Hal tersebut disampaikan oleh CEO Eddie Wu Yongming.

“Selama dekade berikutnya, agen perubahan yang paling signifikan adalah gangguan yang dibawa oleh AI di semua sektor,” ungkap Wu.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan