Apple Mau Depak Google dari iPhone, Kenapa?

0
Fitur Google

Gadgetdiva.id — Apple berencana ingin mendepak Google dari ekosistem iPhone. Rupanya, hal tersebut disebabkan karena perusahaan ingin meluncurkan mesin pencariannya sendiri.

Melansir dari CNET, Apple kini tengah membesut mesin pencariannya sendiri dengan nama kode Pegasus. Teknologi ini dikembangkan di bawah pengawasan John Giannandrea Senior VP of Machine Learning and AI Apple.

Giannendra dan tim tengah menggunakan pembelajaran mesin dan AI supaya dapat menampilkan hasil pencarian yang lebih akurat. Teknologi ini sebelumnya sudah ada di beberapa aplikasi dan bisa saja di kemudian hari akan turut muncul di App Store.

Apple sendiri juga telah mengutak-atik Spotlight. Yakni, fitur pencariannya yang dapat membantu pengguna iOS menemukan berbagai hal di perangkat mereka.

Apple mulai menambahkan hasil pencarian web ke alat ini beberapa tahun yang lalu. Kendati, haisl pencarian tersebut disediakan oleh Google atau Bing milik Microsoft.

Sayangnya, Apple sendiri tidak memberi informasi lebih lanjut terkait mesin pencariannya ini.

Telah lebih dari satu dekade Google menjadi mesin pencari default di iPhone. Bahkan, raksasa web tersebut dilaporkan telah membayar Apple sebanyak USD 8 miliar dan USD 12 miliar setiap tahunnya.

Kendati demikian, kesepakatan tersbeut diperumit oleh tuduhan pemerintah AS bahwa Google mempertahankan monopoli dalam pencarian online dan penjualan iklan online.

Sebenarnya kesepakatan tersebut menguntungkan. Hanya saja, Apple ingin membuat mesin pencariannya sendiri.

Mark Gurman dari Bloomberg melihat bahwa jika Apple bisa meluncurkan mesin pencariannya sendiri, pendapatan iklan yang dapat dihasilkannya ini kemungkinana akan menyaingi aliran uangnya yang selama ini berasal dari penjualan Apple Watch.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan