News

Satria-1 Sukses Masuk Orbit, Siap-siap Era Baru Layanan Publik

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Satelit Nusantara Tiga atau yang dikenal sebagai Satria-1 dikabarkan telah berhasil memasuki orbit Geostationer di posisi 146° Bujur Timur, tepat di atas Papua, dengan ketinggian lebih dari 36,000 km di atas permukaan bumi pada 30 Oktober 2023 kemarin. Ini artinya, satelit kebanggaan Indonesia itu akan segera mengkoneksikan titik-titik layanan publik serta meningkatkan konektivitas layanan public di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) serta mengatasi kesenjangan akses broadband internet.

“Kehadiran SATRIA 1 akan meningkatkan konektivitas  layanan publik dan layanan pemerintah, termasuk di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T), yang tentunya akan mengakselerasi terwujudnya visi BAKTI Kominfo menjembatani kesenjangan digital untuk masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Direktur Utama BAKTI Kominfo, Fadhilah Mathar.

Ini Dia yang Berhak Bawa Pulang Piala Bergilir Forwat Cup 2023

Samsung Bakal Jual 250 Juta Smartphone di 2024.

Fadhilah Mathar menjelaskan, SATRIA 1 ini mengkoneksikan titik-titik layanan publik yang terdiri atas sarana pendidikan, pemerintah daerah, administrasi pertahanan keamanan, dan fasilitas kesehatan di seluruh wilayah Indonesia dan akan menghadirkan era baru dalam layanan publik.

Satria-1Gateway di Timika untuk meneruskan sinyal bawaan Satelit Satria-1.

“Secara bertahap, SATRIA-1 akan mengurangi kesenjangan akses broadband internet yang disebabkan beragam kondisi geografis dan kondisi masyarakat Indonesia  yang cukup menantang dalam penyediaan jaringan teresterial,” ujar Fadhilah.

Satelit Satria-1 dan Wilayah 3T

Fadhilah  lebih lanjut menegaskan upaya BAKTI Kominfo saat ini terus mempercepat penyediaan remote terminal ground segment di lokasi-lokasi layanan publik yang nantinya akan diintegrasikan dengan space segment SATRIA-1.

“Lokasi-lokasi yang akan menerima akses internet dari SATRIA-1 telah diterima dan diverifikasi BAKTI Kominfo kepada Kementerian atau pemerintah daerah terkait,” ujarnya.

Menurut Fadhilah, untuk sampai pada tahap operasi penuh pada akhir Desember 2023, SATRIA—1 akan menjalani tahapan selanjutnya yaitu sesi integrasi dan pengujian segmen satelit dan segmen ruas bumi.

“SATRIA-1 akan menjalani tahapan In-Orbit Testing (IOT) pada awal November untuk memeriksa performa satelit terutama untuk subsistem payload. Setelah itu, SATRIA-1 akan menjalani proses integrasi dengan sistem ground dan ujicoba end-to-end agar siap beroperasi,”

 

Satria-1Gateway di Manokwari untuk Satria-1.

Terkait kesiapan, ruas bumi, Fadhilah memaparkan, seluruh proses instalasi Radio Frequency Gateway (RFGW) 13 meter maupun Carrier System Monitoring (CSM) SATRIA-1 di sebelas gateway atau stasiun pengendali di bumi saat ini telah dirampungkan.

Demikian pula kegiatan OSAT (on site acceptance test) untuk perangkat RFGW maupun CSM juga telah dirampungkan. OSAT merupakan kegiatan pengetesan dan pengecekan site guna memastikan kesiapan perangkat sebelum beroperasi. Kegiatan OSAT di setiap lokasi dilakukan terhadap perangkat RFGW serta CSM.

Saat ini terdapat 11 stasiun bumi yang tersebar di seluruh Indonesia: GW01 Batam, Kepulauan Riau; GW02 Cikarang, Jawa Barat; GW03 Pontianak, Kalimantan Barat; GW04 Banjarmasin, Kalimantan Selatan; GW05 Tarakan, Kalimantan Utara; GW06 Manado, Sulawesi Utara; GW07 Kupang, NTT; GW08 Ambon, Maluku; GW10 Timika, Papua; GW11 Jayapura, Papua.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Huawei Nova 11 SE Meluncur di China Bawa Kamera 108MP
News

Huawei Nova 11 SE Meluncur di China Bawa Kamera 108MP

Gadgetdiva.id — Huawei Nova 11 SE resmi debut di China, hari ini, Selasa (31/10). Merupaka..

Ini Dia yang Berhak Bawa Pulang Piala Bergilir Forwat Cup 2023
News

Ini Dia yang Berhak Bawa Pulang Piala Bergilir Forwat Cup 2023

Gadgetdiva.id — Forum Wartawan Teknologi (Forwat) sukses menggelar turnamen futsal tahun ke..

Pertama di Indonesia, GrabCar Luncurkan Fitur Mode Hening
News

Pertama di Indonesia, GrabCar Luncurkan Fitur Mode Hening

Gadgetdiva.id – Grab menjadi superapp pertama di Indonesia yang menghadirkan fitur yang sec..

Indosat Bukukan Pendapatan Rp37,4 Triliun Sepanjang Sembilan Bulan Tahun 2023
News

Indosat Bukukan Pendapatan Rp37,4 Triliun Sepanjang Sembilan Bulan Tahun 2023

Gadgetdiva.id – Indosat Ooredoo Hutchison kembali mencatatkan kinerja keuangan yang solid p..


;