Selular Gelar Business Forum, Dorong Penetrasi 5G di Indonesia

0

Gadgetdiva.id – Wakil Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Merza Fachys menyebut operator seluler di Indonesia saat ini serupa dengan tenaga kesehatan saat pandemi Covid-19 lalu.

Hal itu, Merza Fachys ungkapkan saat diskusi di Selular Business Forum (SBF) yang Selular Media Network gelar hari Senin (13/11/2023), di Jakarta.

Tema dari SBF 13 November 2023 yakni “Lelang Spektrum 700 Mhz dan 26 Ghz, Upaya Mendorong Penetrasi 5G”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini tengah menyiapkan Rancangan Peraturan Menteri (RPM) tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi 700 MHz dan 26 GHz.

Kedua spectrum yang sudah idle tersebut dapat digunakan untuk mendukung layanan mobile broadband, khususnya mendorong penetrasi 5G.

Penggunaan kedua frekuensi itu, memberikan peluang bagi operator untuk memperluas layanan 5G yang selama ini seolah jalan di tempat, sekaligus memonetisasi berbagai use case yang kelak berkembang.

Hal tersebut yang membuat Selular Media Network menggelar SBF bertema “Lelang Spektrum 700 Mhz dan 26 Ghz, Upaya Mendorong Penetrasi 5G”.

CEO Selular Media Network, Uday Rayana mengatakan dengan adanya Selular Business Forum ini ingin mendorong perubahan mekanisme lelang spectrum sesuai dengan kondisi dan kebutuhan operator selular saat ini.

“Tentunya, baik dari sisi harga, metode lelang, waktu pembayaran BHP frekuensi, hingga perlunya insentif bagi operator,” ujar Uday, Senin (13/11/2023).

Uday menyebut pada diskusi kali ini ada empat narasumber yang memiliki kapasitas luar biasa di dunia teknologi telekomunikasi, yakni:

1. Denny Setiawan, Direktur Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo.

2. Merza Fachys, Wakil Ketua Umum ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia)

3. Mareta Pratiwi, Executive Secretary to PIDI 4.0 (Pusat Industri Digital Indonesia) Kementerian Perindustrian

4. Sigit Puspito Wigati Jarot, Ketua Bidang Infrastruktur Telematika Nasional Mastel

“Dengan adanya diskusi ini, kami harapkan ada kejelasan terkait lelang spektrum 700 Mhz dan 26 Ghz hingga mendorong penetrasi 5G di Indonesia,” tandas Uday.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan