Instagram larang iklan produk diet dan produk bedah kosmetik

1
Tren Browsing Internet

Platform Instagram mengumumkan kebijakan baru seputar konten yang mempromosikan produk diet atau penurunan berat badan dan prosedur kosmetik. Pengumuman batasan periklanan produk yang dilakukan aplikasi milik Facebook ini, telah memperhitungkan peningkatan jumlah posting yang bisa berdampak pada kaum muda, kesehatan mental, serta standar kecantikan tubuh mereka.

Pihak Instagram menyatakan bahwa di bawah aturan baru yang diumumkan ini, iklan atau berupa posting yang mempromosikan penggunaan produk penurunan berat badan atau prosedur kosmetik tertentu, yang memiliki insentif untuk membeli atau memasukkan harga, akan disembunyikan dari pengguna yang diketahui usianya masih di bawah 18 tahun.

Baca juga, Tips ini bisa kenali akun Followers Instagram palsu

Aplikasi yang berbagi gambar ini menyatakan akan menghapus konten apa pun yang membuat “klaim ajaib” tentang produk diet atau berat badan dan dikaitkan dengan penawaran komersial seperti kode diskon dari Instagram.

Kebijakan yang diumumkan pihak Instagram ini membuat aktris sekaligus aktivis body positivity, Jameela Jamil, yang telah berulang kali mengkritik tokoh online terkenal termasuk Khloé Kardashian karena memposting tentang produk diet di media sosial, membuatnya mendukung inisiatif yang diambil oleh pihak manajemen.

Bukan hanya itu, Jameela juga mengkritik penyanyi Cardi B yang menurutnya, seharusnya para tokoh selebriti turut mendukung kampanye tubuh positif dengan tidak mengiklan berbagai produk diet Instagram seperti teh detoks, serta suplemen diet.

“Ini adalah kemenangan besar bagi perjuangan berkelanjutan kita melawan industri diet / detoksifikasi. Facebook dan Instagram mengambil sikap untuk melindungi kesehatan fisik dan mental orang-orang yang mengirimkan pesan secara online,” Ujar Jameela.

“Jameela juga menambahkan bahwa Instagram mendukung dan membantu ketika dirinya membawa mereka untuk protes dan petisi mendengarkan, mereka peduli, mereka bergerak sangat efisien, dan berkomunikasi dengannya selama proses berlangsung.

Kabarnya, Instagram akan menghapus iklan promosi diet yang tidak realistis dari pengguna Instagram yang berusia di bawah 18 tahun. Tentunya pengguna yang dibatasi tidak akan melihat postingan konten terkait iklan diet dan operasi plastik tersebut.

Untuk itu, pihak Instagram juga berharap para pengguna aplikasi turut membantu dengan melaporkan adanya konten atau iklan diet instan yang melanggar kebijakan aturan yang ditetapkan. Instagram nantinya akan memutuskan apakah konten tersebut akan dibatasi atau dihapus.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan