Buntut Dipecatnya Sam Altman, Ratusan Karyawan OpenAI Ancam Tinggalkan Perusahaan

0
OpenAI

Gadgetdiva.id — Ratusan karyawan OpenAI mengancam bahwa mereka akan meninggalkan perusahaan dan mengikuti Sam Altman ke Microsoft. Kecuali, jika dewan direksi mengundurkan diri.

Ratusan karyawan OpenAI telah menandatangani surat yang menuntut agar anggota dewan OpenAI yang tersisa mengundurkan diri atau para para karyawan perusahaan akan bergabung dengan Sam Altman di Microsoft. Salah satu pendiri dan anggota dewan Ilya Sutskever juga turut menandatangani surat tersebut.

“Tindakan anda telah menunjukkan dengan jelas bahwa Anda tidak mampu mengawasi OpenAI. Kami tidak dapat bekerja untuk atau dengan orang-orang yang tidak memiliki kompetensi, penilaian dan kepedulian terhadap misi dan karyawan kami,” tulis surat tersebut dikutip dari CNBC pada Rabu (22/11).

Diketahui bahwa surat tersebut ditanda tangani oleh sekitar 743 dari 770 karyawan di OpenAI. Informasi tersebut disampaikan oleh manajer teknik OpenAI dalam OpenAI. Dilaporkan pula mantan CEO interim OpenAI dan COO OpenAI Brad Lightcap turut menandatangani surat tersebut.

Berdasarkan dari penjelasan surat tersebut, dapat disimpulkan bahwa Microsoft telah meyakinkan para karyawan bahwa mereka akan mendapatkan pekerjaan di anak perusahaannya yang baru. Tentunya, jika mereka memilih untuk bergabung.

“Kami yang bertanda tangan di bawah ini dapat memilih untuk mengundurkan diri dari OpenAI dan bergabung dengan anak perusahaan Microsoft yang baru saja diumumkan oleh Sam Altman dan Greg Brockman,” bunyi surat terebut.

Dalam sebuah surat yang mengejutkan ini, nama Sutskever muncul sebagai tanda tangan di surat tersebut. Dia menulis pada Senin pagi di platform media sosial X, sebelumnya Twitter, bahwa dia “sangat” menyesali partisipasinya dalam “tindakan dewan”.

Sam Altman sendiri dipaksa keluar pada hari Jumat oleh dewan OpenAI, termasuk Sutskever yang mengutip masalah yang tidak disebutkan dengan kominikasinya. Hal ini memicu reaksi keras dari para karyawan serta investor seperti Microsoft, Thrive Capital dan Sequoia.

Para dewan berusaha untuk menegosiasikan kembalinya Altman, namun pembicaraan tersebut tidak berhasil. Akhirnya, CEO Microsoft Satya Nadella pada hari Minggu mengumumkan bahwa Altman dan Greg Brockman akan bergabung dengan perusahaan tersebut dalam sebuah usaha baru yang sebagian besar bersifat independen.

Pengumuman Nadella juga merujuk pada karyawan OpenAI yang bergabung dengan Microsoft. Hanya saja, dirinya tidak menyebut jumlah pastinya dengan jelas.

Kemudian, OpenAI sendiri secara resmi telah menunjuk mantan CEO Twitch Emmet Shear sebagai CEO Interim OpenAI. Posisi barunya tersebut menggantikan Mira Murati.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan