Perempuan Rentan Jadi Sasaran Ujaran Kebencian di Ruang Digital

0
discord
Foto: Ilustrasi

Gadgetdiva.id — Sebuah laporan dari Uni Eropa menyatakan bahwa perempuan menjadi sasaran utama ujaran kebencian di ruang digital. Ujaran tersebut meliputi bahasa yang kasar, pelecehan dan hasutan untuk melakukan kekerasan seksual.

Badan Uni Eropa untuk Hak-Hak Dasar (FRA) menyatakan dalam laporannya bahwa seharusnya Uni Eropa dan platform media sosial dapat memperhatikan karekteristik yang dilindungi. Di antaranya seperti gender dan etnis ketika mereka memoderasi konten.

Penelitian ini dilakukan pada platform Youtube, Telegram, Reddit dan X di empat negara Uni Eropa pada bulan Januari dan Juni 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan menjadi target utama di semua platform dan negara yang terlibat.

Adapun kelompok lain yang terdampak termasuk di antaranya ialah orang-orang keturunan Afrika, Roma dan Yahudi.

Jumlah unggahan ujaran kebencian ini menargetkan perempuan hampir tiga kali lipat lebih banyak dari unggahan untuk kelompok terentu. Di antaranya ialah mereka yang keturunan Afrika di Bulgaria, Jerman, Italia dan Swedia.

“Banyaknya kebencian yang kami identifikasi di media sosial dengan jelas menunjukkan bahwa Uni Eropa, Negara-negara Anggotanya, dan platform online dapat meningkatkan upaya mereka untuk menciptakan ruang online yang lebih aman bagi semua,” kata direktur FRA Michael O’Flaherty dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters, Senin (11/12).

Sementara itu, Undang-Undang Layanan Digital Uni Eropa yang berlaku mulai tahun lalu menyatakan bahwa platform teknologi dan mesin pencari yang sangat besar harus melakukan lebih banyak hal untuk mengatasi konten berbahaya dan ilegal atau terkena denda.

Komisi Eropa pada bulan Oktober membuka investigasi resmi terhadap upaya induk Facebook, Meta, TikTok, dan X untuk menghapus konten berbahaya dari platform mereka.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan