Apa Itu AI Live Translate Call yang Bakal Ada di Samsung Galaxy S24?

0
AI Live Translate Call

Gadgetdiva.id Samsung sudah siap akan boomingnya AI tahun depan. Salah satu produk terbarunya akan dibekali fitur AI Live Translate Call. Apa itu?

Hal ini diungkap MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus dalam media briefing bersama Forwat di Jakarta, kemarin (14/12). Menurut Verry, AI Live Translate Call memungkinkan pengguna untuk mendapatkan terjemahan bahasa saat melakukan panggilan telepon secara realtime.

“Kita akan membawa AI Live Translate Call untuk memudahkan manusia saling berkomunikasi dengan bahasa yang tidak familiar. Kita akan langsung berinteraksi dalam bentuk panggilan telepon,” ungkap Verry.

Namun Verry belum memberikan kepastian apakah fitur AI Live Translate Call akan dibenamkan di Samsung Galaxy S24 Series atau bukan. Yang jelas, salah satu produk yang akan diluncurkan adalah perangkat flagship tersebut.

Fitur AI Live Translate Call tersebut akan tersedia dalam layanan Galaxy AI. Bentuknya bisa berupa audio dan teks. Fitur ini dapat digunakan saat menelepon dalam bentuk subtitle selayaknya menonton live streaming.

AI Live Translate

Fitur ini diklaim dapat menerjemahkan panggilan dengan delay selama waktu 1-2 detik untuk memprosess percakapan. Kemudian, hasil terjemahan tersebut akan disuguhkan oleh suara dari asisten virtual. Bukan suara si penelepon.

Lantas timbullah sebuah pertanyaan apakan fitur AI Live Translate Call ini akan menggantikan peran Galaxy Bixby? Verry membantah hal tersebut.

Menurut Verry, fitur terjemahan ini sejatinya akan sangat berbeda dengan Galaxy Bixby. Dengan kata lain, pengguna masih akan tetap menggunakan layanan asisten virtual tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

“Bixby akan ada sebagai personal assitant. Jadi, kalau pengguna mengucap “Hai Bixby” atau “Hello Bixby” nanti akan tetap menjawab,” jelasnya.

Verry mengklaim bahwa Samsung akan membawa pengalaman baru bagi pengguna lewat fitur AI Live Translate Call ini di tahun 2024.

Selanjutnya, akurasi fitur terjemahan AI Live Translate Call hanya dapat menerjemahkan bahasa baku alias formal. Namun, tidak menutup kemungkinan ke depannya, fitur Live Translate Call ini dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa gaul.

Lebih lanjut, fitur AI Live Translate Call ini akan tersedia on-device. Teknologi ini akan diproses langsung oleh perangkat tanpa harus diunggah ke Cloud.

Galaxy AI sendiri disinyalir akan hadir dalam jajaran perangkat Galaxy S24 Series. Melalui layanan ini, Samsung membuka berbagai kemungkinan baru yang dapat diakses dengan mudah melalui perangkat ponsel pengguna di mana saja melalui kecerdasan buatan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan