Upaya XL Axiata Jaga Kenyamanan Pelanggan Sepanjang Libur Nataru
- by Herning Banirestu
- Senin, 18 Desember 2023 - 22:42 WIB
GadgetDiva.id— XL Axiata memprediksi akan terjadi peningkatan trafik sepanjang libhr Natal dan Tahun Baru (Nataru) mencapai 2-3x lipat dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa. Prediksi ini dilandasi data lonjakan trafik di tahun-tahun sebelumnya. Diperlkirakan peningkatan trafik Nataru tahun ini naik sekitar 20a% dibanding tahun lalu.
Bardasarkan survei Kementerian Perhubungan 2023, diperkirakan akan ada potensi pergerakan sekitar 107,63 juta orang. Hal itu tentu akan ikut mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data.
Dalam upaya menjaga kenyamanan pelanggannya sepanjang Nataru, XL Axiata perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan.
Lonjakan trafik antara lain akan terdorong oleh semakin intens-nya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang. Diperkirakan pelanggan akan banyak berkirim konten video atau foto, serta akses streaming baik video, musik, serta gim. Media sosial juga diperkirakan akan menjadi sasaran pelanggan mengisi waktu liburan untuk berbagi meriahnya momen Nataru.
Lalu apa persiapan XL Axiata dalam menjaha kenyamanan pelanggannya dengan lonjakan sepanjang libur Nataru? Dijawab Chief Corporate Affairs PT XL Axiata,Tbk Marwan O. Baasir di Bandung, Jawa Barat (18/12/2023) selepas gathering bersama awak media bahwa dalam hal jaringan tentu saja dilakukan peningkatan kapasitas, optimisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat (tol dan non tol) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi.
Selain itu juga di sepanjang jalur kereta api, termasuk kereta cepat. Tim teknis XL Axiata memperkirakan, pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera dan berpotensi meningkatkan trafik jaringan sekitar 10-20%. Tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik, termasuk juga destinasi wisata dan pusat keramaian, juga titik-titik yang biasa mengalami kemacetan lalu lintas.
Tambahan lagi, XL Axiata telah menyiapkan rencana rekayasa jaringan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi, termasuk pengerahan armada Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik. Rekayasa jaringan yang dilakukan ini berupa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan penurunan kualitas layanan kepada pelanggan.
“Setidaknya 57 unit MBTS telah ditempatkan di berbagai lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal. Titik-titik lokasi yang dimaksud antara lain meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara,” ujar Marwan.
Upaya XL Axiata memanjakan pelanggannya selama masa liburan ini selain dengan menjaga kualitas jaringan data, sangat terbantu dengan fiberisasi di ratusan kota yang sebelumnya telah dilakukan perusahaan di berbagai daerah, baik di sebagian besar Jawa dan luar Jawa.
Untuk Jaringan Fixed Mobile Convergence, XL Axiata juga sudah melakukan optimasi dengan penambahan kapasitas, karena diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik lebih dari 21% dari hari normal. Saat ini tercatat ada lebih dari 235 ribu pelanggan layanan Home. Pencapaian tersebut tidak terlepas dari semakin luasnya jaringan XL SATU Fiber yang kini telah mencapai 2 juta home passed yang tersebar di lebih dari 75 kota/kabupaten, termasuk lebih dari 12 kota/kabupaten tambahan dalam tiga bulan terakhir
Kota-kota yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik adalah kota-kota yang juga menjadi tujuan berlibur masyarakat, antara lain di Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok. Kenaikan trafik diperkirakan akan terjadi di area-area yang memiliki komunitas Nasrani cukup besar, yang merayakan Natal, seperti di Sulawesi Utara, Sumatera Utara, serta Nusa Tenggara Timur.
XL Axiata juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS. Untuk itu, ada di lapangan yang akan siaga 24 jam selama masa libur ini. Selain itu juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata – Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta.”
Sementara itu, guna melayani pelanggan yang membutuhkan dukungan selama melewati masa libur panjang tersebut, tim layanan pelanggan XL Axiata juga telah siap. Untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal, XL Axiata menyediakan sekitar 550 petugas layanan contact pelanggan baik melalui layanan call center maupun layanan digital care. Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.
XL Axiata juga telah menyiapkan fasiltas dan infrastruktur yang beragam, baik melalui telpon atau layanan digital yang bisa dilakukan dari rumah, diantaranya, layanan XL Center online, layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet juga kanal digital seperti; E-mail, Twitter, Facebook, Instagram serta Live Chat, untuk melayani sekaligus memberikan solusi atas berbagai pertanyaan baik menyangkut keluhan layanan hingga informasi produk kepada pelanggan setia.
Tak hanya itu, pelanggan juga bisa mendapatkan layanan, termasuk beragam produk di 92 XL Center yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Di beberapa kota, XL Center juga tetap buka di Hari Natal dan Tahun Baru terutama yang terdapat di pusat perbelanjaan atau mall. Di tahun-tahun sebelumnya, setiap libur panjang, baik Lebaran maupun akhir tahun, jumlah pelanggan yang menghubungi call center dan digital care justru menurun dibanding hari normal.
Herning Banirestu
ReporterMemiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.
Artikel Terkait
BAKTI Kominfo Janji Seluruh Wilayah Indonesia Tercover Internet di Tahun 2029
Gadgetdiva.id — Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komuni..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 tahun lalu
- 3,250
Grimes Bikin Mainan Anak-anak dengan Teknologi AI Bernama Grok
Gadgetdiva.id — Grimes tengah menyiapkan mainan anak-anak yang dilengkapi dengan teknologi ..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 tahun lalu
- 3,250
OnePlus 12 dan 12R Bakal Rilis Global Pada 23 Januari Mendatang
Gadgetdiva.id — OnePlus tengah bersiap untuk membawa jajaran smartphone terbarunya, yakni O..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 tahun lalu
- 3,250
BAKTI Kominfo: Indonesia Butuh Satelit Satria-2
Gadgetdiva.id — Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komuni..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 tahun lalu
- 3,250