Memasuki Masa Kampanye, Tiktok Edukasi Masyarakat Pentingnya #SalingJaga untuk Hindari Misinformasi

Memasuki Masa Kampanye, Tiktok Edukasi Masyarakat Pentingnya #SalingJaga untuk Hindari Misinformasi
News

Memasuki Masa Kampanye, Tiktok Edukasi Masyarakat Pentingnya #SalingJaga untuk Hindari Misinformasi

Memasuki Masa Kampanye, Tiktok Edukasi Masyarakat Pentingnya #SalingJaga untuk Hindari Misinformasi

Memasuki Masa Kampanye, Tiktok Edukasi Masyarakat Pentingnya #SalingJaga untuk Hindari Misinformasi # Sumber : gadgetDiva

GadgetDiva.id — TikTok melanjutkan inisiatif proaktif di bawah kampanye #SalingJaga untuk melindungi integritas pemilu dan melawan misinformasi. Kali ini, TikTok meluncurkan sebuah video panduan kreatif untuk mengedukasi pengguna dan masyakat umum tentang cara #SalingJaga dari bahaya misinformasi di platform digital.

Sering kali, kita hanya melihat potongan video atau kutipan yang sengaja diunggah supaya mengarah ke konteks tertentu, yang bisa jadi jauh dari kejadian sebenarnya, atau justru narasi dari satu pihak saja. Sebelum membagikan suatu konten atau informasi yang disarankan untuk mencari tahu dulu kebenarannya supaya bisa #SalingJaga.

Upaya XL Axiata Jaga Kenyamanan Pelanggan Sepanjang Libur Nataru

Selain kampanye video, juga ada inisiatif lainnya, yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat luas agar terus #SalingJaga saat mengekspresikan diri, berbagi sudut pandang, dan menjadi bagian dari percakapan yang lebih luas khususnya menjelang Pesta Demokrasi di tahun 2024 mendatang.

”Derasnya arus informasi yang bergulir setiap hari tidak jarang membuat warganet kewalahan saat mengolah informasi yang ada, termasuk untuk mengonfirmasi kredibilitas dari informasi yang ditemukan di platform digital dan media sosial. Karenanya, kami ingin membantu masyarakat untuk tidak hanya bersiap menghadapi, tapi juga memahami cara melawan misinformasi di ranah digital. Keamanan digital merupakan tanggung jawab semua pihak, dan bersama, kita bisa #SalingJaga agar terhindar dari konten-konten negatif dan informasi yang keliru,” ungkap Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.
Dalam video #SalingJaga ini, TikTok menggandeng figur publik dan kreator dari berbagai latar belakang profesi dan generasi yaitu Angga Yunanda, Merry Riana, serta Dims The Meat Guy. Keempat figur ini akan memberikan edukasi kreatif tentang bagaimana pengguna dapat #SalingJaga di platform digital melalui serangkaian tips melawan misinformasi yang mudah dipahami dan diterapkan oleh masyarakat luas.

Selain itu, video kampanye #SalingJaga juga ingin mengingatkan komunitas dan masyarakat luas agar dapat lebih berhati-hati saat menciptakan, mengonsumsi, maupun membagikan konten di platform digital dan media sosial. Melalui format video singkat yang kreatif dan menghibur, TikTok berharap pesan ini dapat disampaikan dengan lebih mudah dipahami dan disebarkan ke lebih banyak orang.

Merry Riana, figur publik yang ikut membintangi video ini juga mengingatkan pentingnya bagi pengguna untuk bersikap bijak saat berinteraksi di platform digital. “Kemajuan teknologi membantu semua kalangan, termasuk generasi muda untuk semakin berani menyuarakan pendapatnya. Namun, kemudahan ini perlu diiringi dengan rasa tanggung jawab yang besar. Kita semua harus terus melaksanakan peran kita untuk #SalingJaga, misalnya dengan menerapkan kebiasaan cek fakta sebelum membagikan sebuah cuplikan video tanpa tahu keseluruhan konteks dan kebenarannya,” jelas Merry Riana, Entrepreneur, Investor, dan Content Creator.

Di TikTok, sistem rekomendasi di laman For You pada TikTok bekerja dengan mempertimbangkan preferensi pengguna, yakni berdasarkan interaksi pengguna tersebut di TikTok (komentar, like, share, dan sebagainya), informasi dalam video, serta pengaturan perangkat dan akun.

Melalui video #SalingJaga, TikTok kembali mengingatkan bahwa pengguna bisa mengambil kendali atas pengalaman mereka di platform ini, termasuk konten-konten yang mereka konsumsi. Pengguna bisa memanfaatkan fitur keamanan TikTok untuk mengelola konten yang hadir di laman For You mereka, antara lain memilih ‘Tidak Tertarik(Not Interested), menyaring ‘Kata Kunci’ (Keyword Filter), melaporkan konten yang terduga mengandung misinformasi lewat fitur ‘Laporkan (Report), hingga menyegarkan kembali laman For You(Refresh Your For You Feed).

Konten video singkat juga tidak luput dari potensi misinformasi dan kreator konten pun juga perlu memainkan perannya untuk berbagi informasi yang kredibel dan tepercaya, apa pun jenis kategori konten yang diusung.

Di bawah kampanye #SalingJaga, TikTok telah meluncurkan serangkaian upaya proaktif untuk menegaskan komitmennya dalam menjaga integritas Pemilu dan melawan penyebaran misinformasi.

Komitmen ini diwujudkan melalui kerja sama dengan Rekata Studio dalam film “Budi Pekerti” untuk mengemukakan pesan #SalingJaga; meluncurkan “Pusat Panduan Pemilu 2024” yang didukung oleh KPU RI dan BAWASLU RI pada laman khusus di platform TikTok; bekerja sama dengan mitra cek fakta independen, yakni AFP, MAFINDO dan Perludem; serta menghadirkan aktivitas di dalam aplikasi seperti tantangan tagar (hashtag challenge) bagi pengguna untuk berbagi cara #SalingJaga versi mereka.

 


author-img_1

Herning Banirestu

Reporter

Memiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.

Artikel Terkait

Gandeng Bank BNI, XL Axiata Tawarkan Cashback Hingga Rp 200 Ribu Dengan Kartu Kredit BNI
News

Gandeng Bank BNI, XL Axiata Tawarkan Cashback Hingga Rp 200 Ribu Dengan Kartu Kredit BNI

Gadgetdiva.id – XL Axiata melalui XL PRIORITAS menjalin kerja sama strategis dengan PT Bank..

Upaya XL Axiata Jaga Kenyamanan Pelanggan Sepanjang Libur Nataru
News

Upaya XL Axiata Jaga Kenyamanan Pelanggan Sepanjang Libur Nataru

GadgetDiva.id— XL Axiata memprediksi akan terjadi peningkatan trafik sepanjang libhr Natal dan..

BAKTI Kominfo Janji Seluruh Wilayah Indonesia Tercover Internet di Tahun 2029
News

BAKTI Kominfo Janji Seluruh Wilayah Indonesia Tercover Internet di Tahun 2029

Gadgetdiva.id — Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komuni..

Grimes Bikin Mainan Anak-anak dengan Teknologi AI Bernama Grok
News

Grimes Bikin Mainan Anak-anak dengan Teknologi AI Bernama Grok

Gadgetdiva.id — Grimes tengah menyiapkan mainan anak-anak yang dilengkapi dengan teknologi ..


;