News

Jokowi Resmikan Stasiun Bumi Satria-1 dan BTS 4G Besok

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan sendiri Stasiun Bumi Satria-1, sekaligus juga BTS 4G yang ada di wilayah 3T. Stasiun Bumi Satria-1 berada di Desa Matungkas, Sulawesi Utara.

Diketahui, Jokowi saat ini tengah berada di Sidoarjo, Jawa Timur. Besok, tepatnya 27 Desember 2023, dirinya akan langsung bertolak ke Minahasa Utara, tempat berdirinya Stasiun Bumi Satria-1 yang berada di wilayah Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Adapun BTS 4G berada di Desa Bowombaru Utara, Kecamatan Melonguane Timur, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

XL PRIORITAS Hadirkan Layanan Baru “PRIO Club”

“Bapak Presiden Joko Widodo besok meresmikan pengoperasian Satelit Bumi Satria-1 serta 4.988 BTS 4G yang telah rampung dibangun BAKTI Kominfo di daerah tertinggal, terdepan, terluar,” ujarnya di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/12/2023).

Menurut Menteri Budi Arie peresmian BTS 4G dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, ditandai dengan hubungan video jarak jauh di berbagai titik dengan Presiden RI Joko Widodo.

stasiun bumi satria-1Pelantikan Menkominfo di Istana Negara, Jakarta | Foto: Humas Setkab

Menkominfo menyatakan Pembangunan BTS 4G merupakan upaya Pemerintah mempercepat pemerataan konektivitas digital dengan membangun infrastruktur digital, utamanya di daerah 3T.

“Pembangunan BTS 4G merupakan langkah nyata dalam mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia dan mewujudkan pemerataan telekomunikasi hingga pelosok negeri,” jelasnya.

Kementerian Kominfo melalui Badan Layanan Umum Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Informasi (BAKTI) membangun BTS 4G dalam dua tahap. Tahap pertama, sampai dengan Tahun 2020 total pembangunan BTS di 1.682 lokasi dan seluruhnya telah migrasi ke layanan jaringan 4G pada tahun yang sama.

“Selanjutnya mulai Tahun 2021, pembangunan Tahap Kedua di 5.618 lokasi yang dibagi menjadi dua fase, yaitu Fase 1 Tahun 2021 di 4.112 lokasi dan Fase 2 Tahun 2022 di 1.506 lokasi. Pembangunan difokuskan pada wilayah 3T, dengan 76% cakupannya berada di timur Indonesia, yakni Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua,” tutur Menteri Budi Arie.

Per 26 Desember 2023, sudah seluruh BTS 4G telah on-air untuk 1.682 lokasi. Sedangkan untuk Tahap 2 BTS di sebanyak 4.990 lokasi telah on air dari keseluruhan target.

“Sejumlah 628 lokasi belum on-air, mayoritas diakibatkan karena status kahar keamanan di Papua dan kesulitan mobilisasi material ke lokasi,” jelas Menkominfo.

Guna mempercepat penyelesaian, Kementerian Kominfo berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri serta pemerintah daerah setempat untuk mencari solusi terbaik. Menteri Budi Arie berharap dampak operasional BTS 4G dapat dirasakan langsung masyarakat di daerah 3T.

“Dengan adanya akses internet, pelayanan publik yang dilakukan pemerintah pun diharapkan dapat lebih optimal menjangkau masyarakat. Semoga masyarakat di daerah 3T dapat merasakan manfaat dari beroperasinya BTS, sehingga tidak ada lagi kesenjangan digital di Tanah Air,” ungkapnya.

Pembiayaan pembangunan BTS 4G bersumber dari APBN dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dikelola BAKTI Kementerian Kominfo. Guna mempercepat pemerataan infrastruktur digital, BAKTI Kementerian Kominfo melanjutkan kontrak kerja dengan mitra terdahulu untuk operasional BTS 4G di daerah 3T.

Stasiun Bumi SATRIA-1 dan BTS 4G

bakti kominfoDirektur Utama BAKTI Kominfo, Fadhilah Mathar.

Direktur Utama BAKTI Kementerian Kominfo Fadhilah Mathar menjelaskan telah berhasil merampungkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Wilayah Pelayanan Universal Telekomunikasi dan Informasi (WPUTI).

“SATRIA-1 juga mulai beroperasi dan menjangkau fasilitas layanan publik mulai akhir tahun ini,” ujarnya.

Peluncuran SATRIA-1 berlangsung pada tanggal 19 Juni 2023 di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Satelit dengan kapasitas 150 Gbps ini merupakan yang terbesar di Asia dan ke-5 di dunia. SATRIA-1 telah menempati orbit 146 ° Bujur Timur atau tepat di atas Pulau Papua.

“Pengoperasian SATRIA-1 diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menopang layanan akses internet 37 ribu titik dengan kecepatan hingga sekitar 5 Mbps,” jelas Dirut Fadhilah Mathar.

BAKTI Kementerian Kominfo juga telah membangun 11 stasiun bumi di Manado, Manokwari, Timika, Jayapura, Pontianak, Kupang, Ambon, Banjarmasin, Tarakan, Cikarang, dan Batam. Stasiun bumi ini nantinya akan mendukung operasional SATRIA-1 secara terintegrasi.

“Dengan beroperasinya BTS 4G di berbagai wilayah serta adanya SATRIA-1 yang didukung sejumlah stasiun bumi, kami berharap saudara-saudara kita yang berada di daerah 3T mendapat akses digital secara optimal,” ungkap Dirut BAKTI Kementerian Kominfo Fadhilah Mathar.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

2024, Apple Mau Fokus di iWatch dan AirPods Saja?
News

2024, Apple Mau Fokus di iWatch dan AirPods Saja?

Gadgetdiva.id — Apple dikabarkan akan memfokuskan bisnisnya pada produk-produk wearable sep..

XL PRIORITAS Hadirkan Layanan Baru “PRIO Club”
News

XL PRIORITAS Hadirkan Layanan Baru “PRIO Club”

Gadgetdiva.id – XL Axiata terus konsisten menghadirkan beragam layanan dan juga inovasi dem..

Indosat Pastikan Internet Cepat dan Stabil Jelang Akhir Tahun 2023
News

Indosat Pastikan Internet Cepat dan Stabil Jelang Akhir Tahun 2023

Gadgetdiva.id –  Mengantisipasi peningkatan yang signifikan dalam permintaan data menjelan..

Presiden Jokowi Siap Resmikan BTS 4G BAKTI Pekan Depan di Sulawesi Utara
News

Presiden Jokowi Siap Resmikan BTS 4G BAKTI Pekan Depan di Sulawesi Utara

Gadgetdiva.id — Presiden Joko Widodo akan meresmikan pembangunan Base Transceiver Station (..


;