Ini Media Sosial Favorit untuk Sebar Konten Radikal dan Terorisme

0
konten radikal
Ilustrasi

Gadgetdiva.id — Facebook dan Instagram disinyalir menjadi platform media sosial favorit untuk menyebarkan konten radikal dan terorisme serta sejenisnya. Pasalnya, dari ribuan temuan konten digital tersebut, paling banyak terdapat di Facebook dan Instagram.

Hal ini diungkap oleh Kepala BNPT RI Komjen Pol. Mohammed Rycko Amelza Dahnieldi Kantor BNPT, kemarin. Menurutnya, sepanjang 2023 terdapat 2.670 konten digital bermuatan IRET, atau Intoleransi, Radikalisme, Ekstrimisme, Terorisme.

“Sebesar 1.922 di antaranya diusulkan untuk di-take down dimana sebagian besar terdapat pada Facebook/Instagram. Potensi terpapar radikalisme juga lebih tinggi terdapat pada wanita, generasi muda, khususnya gen-Z, dan mereka yang aktif di internet,” ujar Rycko.

konten radikal
Unsplash/Solen Feyissa

Rycko mengatakan jaringan teroris global juga masih melakukan aksi terorisme. Selain itu jaringan teroris dalam negeri terpantau aktif mengembangkan nyajaringan melalui berbagai aktivitas yang dapat diketahui melalui jumlah penangkapan terduga teroris sebanyak 148 orang sepanjang tahun 2023.

Konten Radikalisme dan Terorisme

Kendati demikian, sepanjang tahun 2023 nihil serangan teror dengan kekerasan oleh jaringan terorisme di Indonesia.

“Sepanjang tahun 2023 alhamdulillah tidak ada serangan teror dengan kekerasan oleh jaringan terorisme. Kondisi ini mengindikasikan situasi keamanan Indonesia semakin membaik,” ujarnya.

Menurut dia, nihilnya kasus serangan teroris tahun ini merupakan dampak positif dari sinergi pemerintah dan masyarakat dalam pencegahan terorisme sehingga menciptakan situasi keamanan yang semakin baik.

Namun demikian, BNPT RI terus mengimbau kepada seluruh pihak untuk tetap waspada dengan dinamika gerakan yang muncul di bawah permukaan dari sel-sel jaringan teror yang masih berupaya menginfiltrasi ke berbagai sektor kehidupan.

Apalagi menjelang Tahun Baru dan Pemilu 2024, BNPT RI mengajak seluruh elemen bangsa dan masyarakat tetap bersatu mewujudkan Indonesia Damai, Indonesia Tanpa Kekerasan, dan Indonesia Harmoni serta dapat merayakan pesta demokrasi tahun 2024 dengan sehat, damai, dan aman.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan