E-Commerce

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Diri Selama 2023

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Geliat industri kecantikan di Indonesia terus melaju sepanjang 2023. Data Kementerian Perindustrian telah mencatat bahwa kontribusi industri kosmetik terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83%.

“Tokopedia pun mencatat kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh sebagai salah satu kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat lewat Tokopedia sepanjang 2023 (data Januari-September 2023 dibandingkan Januari-September 2022),” jelas Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli.

10 Wirausaha Sosial Indonesia Terpilih untuk Mengikuti Program I-SEA Cohort Kedua

Tokopedia juga melihat animo masyarakat dalam berbelanja online produk kecantikan dan perawatan diri sepanjang 2023 menciptakan tren tersendiri. “Beberapa produk kecantikan yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2023 adalah bedak wajah, produk styling rambut, lipstik, lip cream dan eyeliner. Sedangkan beberapa produk perawatan diri yang laris manis di Tokopedia adalah cleanser wajah, serum wajah, krim wajah, parfum dan sunscreen wajah,” tambah Stefanie.

Tren tersebut membuktikan bahwa bahkan di pascapandemi, masyarakat makin peduli dengan kesehatan kulit dan wajah. Hal ini juga tidak lepas dari kemunculan berbagai tren kecantikan yang digandrungi banyak masyarakat lewat media sosial sepanjang 2023, mulai dari tren clean girl makeup, glass skin, latte makeup, strawberry makeup, dan masih banyak lagi.

Selain mencatat deretan produk kecantikan dan perawatan diri yang laris manis, Tokopedia juga melihat berbagai daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023.

“Daerah Pesisir Selatan (Sumatra Barat), Bima (Nusa Tenggara Barat), Sampang (Jawa Timur), Rokan Hulu (Riau) dan Ambon (Maluku), merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat dibandingkan tahun 2022,” tambah Stefanie.

Sepanjang 2023, Tokopedia pun konsisten menghadirkan deretan inisiatif dan kampanye dalam upaya mendukung pertumbuhan brand lokal kecantikan dan perawatan diri.


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Titipku Beri Jaminan Pengiriman Telur Lewat Program #PastiAman
E-Commerce

Titipku Beri Jaminan Pengiriman Telur Lewat Program #PastiAman

Gadgetdiva.id – Salah satu yang menjadi keraguan konsumen berbelanja secara online adalah k..

10 Wirausaha Sosial Indonesia Terpilih untuk Mengikuti Program I-SEA Cohort Kedua
E-Commerce

10 Wirausaha Sosial Indonesia Terpilih untuk Mengikuti Program I-SEA Cohort Kedua

Gadgetdiva.id – Instellar dan IKEA Social Entrepreneurship mengumumkan sepuluh wirausaha s..

OOTD Musim Hujan, Tetap Keren Walau Naik Motor
E-Commerce

OOTD Musim Hujan, Tetap Keren Walau Naik Motor

Gadgetdiva.id — Memasuki musim hujan bukan berarti kita harus selalu dalam keadaan lepek, h..

Masih Awal Tahun, Lazada PHK Karyawan Lagi di Asia Tenggara
E-Commerce

Masih Awal Tahun, Lazada PHK Karyawan Lagi di Asia Tenggara

Gadgetdiva.id — Lazada PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) pada sejumlah karyawannya kembali di ..


;