LINE Resmi Luncurkan DOSI untuk Tingkatkan Pengalaman D-Commerce Penggunanya

0

GadgetDiva.id — LINE NEXT Inc., akhirnya meluncurkan secara resmi DOSI pada 11 Januari 2024, setelah pada September 2022 layanan ini diperkenalkan ke publik. Hadirnya DOSI menjadi wujud LINE  mengembangkan dan memperluas ekosistem Web3. DOSI merupakan platform perdagangan digital (D-commerce) yang tersedia di 180 negara.

Layanan resmi DOSI kini menjadi platform Web3 di mana keanggotaan layanan, item game, dan tiket dapat diperdagangkan sebagai produk digital. Diharapkan dengan hadirnya versi web browser dan aplikasi seluler, DOSI dapat memberikan nilai dan kegunaa lebih pada 20 juta produk digital dari start-up, game, dan merek.

Sejak diluncurkan September 2022, pengguna aktif DOSI telah mencapai lebih dari 5,5 juta pengguna di seluruh dunia dan 560.000 transaksi kumulatif. Sekarang, berdasarkan kesuksesan layanan beta tersebut, LINE NEXT bertujuan untuk melampaui hanya NFTs dan menjadikan DOSI resmi sebagai platform D-commerce penuh di mana pengguna dapat dengan mudah berdagang berbagai produk digital.

DOSI juga baru saja meningkatkan kegunaannya dengan tersedia sebagai aplikasi seluler yang dapat diakses baik untuk Android maupun iOS. (Tersedia sekarang untuk Android, dengan iOS dijadwalkan menjadi tersedia segera).

Versi resmi DOSI menawarkan lebih dari 20 juta produk digital, dengan berbagai layanan dan merek untuk memberikan nilai dan kegunaan, termasuk keanggotaan untuk layanan dan merek, serta berbagai konten dan tiket untuk menghubungkan pengalaman digital dan offline. Secara khusus, dengan terintegrasi dengan LINE NFT, pasar NFT di Jepang, pengguna dapat membeli produk populer dari merek dan game oleh perusahaan seperti Japan Airlines Co. dan CryptoNinja Partners.

Selain itu, lebih dari 20 produk keanggotaan dari perusahaan start-up akan ditawarkan untuk mempopulerkan perdagangan produk digital di berbagai area, termasuk:

  • SuperPlat, platform sosial berbasis komunitas untuk game dan konten digital merek
  • Quantrack, platform investasi dan analisis saham
  • inDJ, layanan streaming musik berbasis kecerdasan buatan dan komunitas K-POP
  • FLDA, layanan berbasis komunitas untuk penggemar K-POP

DOSI menyediakan akses dan penggunaan yang mudah bagi para pemula dalam dunia Web3 melalui aplikasi seluler. Untuk menggunakan DOSI, pengguna dapat dengan mudah masuk menggunakan berbagai akun media sosial dan menikmati pengalaman perdagangan yang mulus melalui pembayaran seluler, termasuk Naver Pay, LINE Pay, Apple Pay, Google Pay, dan aset virtual. Pengguna sebelumnya dari versi beta DOSI untuk browser web dapat langsung mengakses aplikasi menggunakan akun yang sama.

Selain itu, platform gaming Web3 GAME DOSI kini terintegrasi dalam aplikasi DOSI, menawarkan kategori gaming di mana pengguna dapat melakukan perdagangan item game dari game era Web2 dan Web3. Sebenarnya, LINE NEXT berencana untuk menciptakan ekosistem gaming bagi para pemain di DOSI.

Untuk membantu merek dan layanan Web2 beralih dengan mudah ke Web3, LINE NEXT menyediakan DOSI Software Development Kit (DOSI SDK) di mana mereka dapat dengan mudah memberikan kepemilikan pada produk yang sudah ada dan memperdagangkannya.

“DOSI akan menetapkan standar untuk teknologi yang menangkap kepemilikan semua produk digital bernilai,” kata Youngsu Ko, CEO LINE NEXT.  Dia melanjutkan dengan memberikan nilai yang esensial dari produk, DOSI berencana untuk menyediakan layanan yang dapat terhubung dengan pengguna umum.

Pada bulan Desember, LINE NEXT mengumumkan investasi sebesar US$140 juta dari konsorsium yang dipimpin oleh perusahaan ekuitas swasta Crescendo Equity Partners (Crescendo), sebuah perusahaan ekuitas swasta yang didukung oleh Peter Thiel. Dengan visi untuk mempopulerkan Web3, LINE NEXT akan memperkenalkan berbagai layanan baru termasuk aplikasi sosial dan game berbasis blockchain publik Finschia.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan