20 Tahun Lagi Dunia Tercover Konektivitas Jaringan 7G

0
7G

Gadgetdiva.id — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memprediksi bahwa 20 tahun lagi dunia akan diselimuti oleh konektivitas jaringan 7G. Yakni, sekitar tahun 2045.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Wayan Toni Supriyanto menyatakan kalau nanti di tahun 2045 akan terjadi lonjakan trafik internet hingga 2000 exabytes atau setara dengan 2 miliar terabytes. Serta, diperkirakannya akses home connect mencapai 1 terabitpersecond (Tbps).

“Pada tahun 2045 secara global diperkirakan konektivitas jaringan sudah mencapai era 6G dan 7G dengan lonjakan trafik hingga 2000 Exabytes dan akses home connect sebesar hingga 1 Tbps,” ungkap Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Wayan Toni Supriyanto.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, pihaknya terus mendorong percepatan transformasi digital. Yakni, dengan melakkan pengembangan teknologi digital.

Oleh sebab itu, pemerintah terus mendorong percepatan transformasi digital. Dimana salah satunya dengan mengembangkan teknologi digital.

Penerapan teknologi termutakhir seperti otomatisasi robitika dan AI, metaverse, komputasi kuantum, blockchain dan bebragai wearable lainnya diperkirakan akan terpenetrasi secara global. Serta, turut dimanfaatkan berbagai negara dalam mendorong pertumbuhan produktivitas dan daya saing.

Oleh sebab itu, perlu adanya akeselerasi aksi dari berbagai sektor. Salah satunya sektor telekomunikasi yang menjadi sektr terpenting dalam kesuksesan transformasi digital di Indonesia.

“Kemenkominfo selaku regulator telekomunikasi yang berperan dalam penyusunan kerangka kebihakan dan regulasi untuk mendukung pembangunan infrastrutuk telekomunikasi perlu memastikan agar berjalan efektif dan suportif serta mampu menciptakan iklim kompetisi yang sehat bagi para pelaku industri telekomunikasi,” imbuh Wayan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan