Tips

Tips Kelola Keuangan dan Asuransi untuk Keluarga Muda

post-img

Source : gadgetDiva

GadgetDiva.id — Tahun 2024 harus dibangun dengan optimisme tinggi, meski tantangan keuangan dihadapi, terutama bagi keluarga muda dalam meraih impian finansial. Hal ini diungkap Windy Riswantyo selaku Marketing, Alternate & Direct Business Group Head Astra Life, yang juga memaparkan tips cermat dalam meraih impian finansial keluarga.

“Agar dapat mengatasi segala tantangan finansial yang mungkin terjadi, seperti terkena penyakit kritis hingga tutup usia dini sebaiknya keluarga muda memiliki mitigasi risiko finansial, sehingga dapat meraih tujuan finansial jangka panjang seperti menyekolahkan anak hingga lulus kuliah, rencana ibadah, hingga bisa menikmati hari tua dengan nyaman,” sarannya.

5 Langkah Jitu Menghindari Doxing di Media Sosial

Salah satu tantangan di tahun ini adalah biaya kesehatan yang terus meningkat menjadi 13.0% dan mengalami inflasi 3.0% pada tahun 2024 menurut survei Mercer Marsh Benefit (MMB) bertajuk Health Trends 2024. Biaya perawatan kesehatan yang semakin mahal dapat menjadi risiko beban finansial yang besar bagi keluarga muda.

Terlebih lagi, dengan semakin tingginya angka penyakit kronis dan biaya perawatan yang terus meningkat, keluarga muda perlu mempersiapkan dana yang cukup untuk menghadapi kondisi kesehatan yang tidak terduga. MMB mengatakan kanker masih menjadi risiko kesehatan utama tidak hanya di seluruh dunia. Hal ini tecermin jumlah besaran klaim dalam dolar pada tahun 2022.

Berkaca pada survei tersebut, keluarga muda sebaiknya sehat dalam hal pola hidup dan juga finansial. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, pahami 3 kiat terkait asuransi berikut:

1. Lindungi dengan asuransi kesehatan dari sekarang
Sebaiknya jangan menunggu hingga ada anggota keluarga yang sakit. Melainkan, belilah asuransi kesehatan sedini mungkin di saat diri sendiri dan keluarga dalam kondisi kesehatan yang prima. Dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga, maka kekhawatiran aset akan tergerus untuk membiayai pengobatan ketika sakit dapat teratasi.

Bagi keluarga muda yang masih memiliki banyak kebutuhan, bisa mendaftar menjadi peserta dalam program jaminan kesehatan dari pemerintah. Namun, bagi keluarga yang lebih mapan dan menginginkan fasilitas yang lebih nyaman khususnya bagi anak dapat menambahkan asuransi kesehatan swasta. Adapun alokasi untuk kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan sekitar 10% dari pendapatan.

2. Pilih produk dengan manfaat yang sesuai
Saat ini banyak produk asuransi kesehatan yang menawarkan berbagai macam manfaat. Penting bagi keluarga muda untuk mendiskusikan kebutuhan akan proteksi kesehatan bersama-sama, misalnya apakah dari kedua belah pihak memiliki histori penyakit kritis, fasilitas kesehatan seperti apa yang diinginkan, hingga alokasi budget yang disepakati.

3. Memiliki asuransi tanpa ribet
Penting bagi keluarga muda yang tengah sibuk dalam kesehariannya untuk memiliki asuransi dengan layanan yang memudahkan nasabahnya.

Menurut Windy, Astra Life memiliki beragam perlindungan kesehatan dengan manfaat yang lengkap, seperti perlindungan kesehatan yang memberi manfaat pembayaran rawat inap, pembedahan sesuai tagihan rumah sakit, santunan harian rawat inap, dan penyakit kritis sejak tahap dini.

“Khusus untuk tertanggung anak-anak, Astra Life memahami bahwa setiap orang tua ingin memberikan perawatan terbaik ketika anak dirawat di rumah sakit, supaya proses penyembuhannya optimal.” ujarya.

Untuk itu, Astra Life menawarkan Medicare Premier, asuransi tambahan yang memberi jaminan rawat inap di kamar privat tanpa terpengaruh kenaikan biaya rumah sakit selama polis aktif, juga menanggung biaya tambahan extra bed atau hotel terdekat dari rumah sakit selama rawat inap di rumah sakit.

Dia menambahkan, setiap nasabah di Astra Life memiliki akses ke portal nasabah yaitu MyAstraLife. Lewat aplikasi ini, nasabah yang hendak berobat rawat inap di rumah sakit cukup menunjukan e-card. Terdapat juga fitur My Claim yang dapat mempermudah klaim asuransi kesehatan, fitur My Fund untuk dapat melakukan e-switching yaitu pengalihan dana investasi dan e-withdrawal yaitu fitur untuk menarik saldo. Fitur-fitur ini membuat pengelolaan asuransi keluarga muda menjadi lebih praktis.


author-img_1

Herning Banirestu

Reporter

Memiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.

Artikel Terkait

Simak! Ini Tips Memulihkan IG Story yang Telah Terhapus
Tips

Simak! Ini Tips Memulihkan IG Story yang Telah Terhapus

IG Story adalah tempat di mana pengguna dan bisnis dapat berbagi gambar dan video vertikal dalam for..

5 Langkah Jitu Menghindari Doxing di Media Sosial
Tips

5 Langkah Jitu Menghindari Doxing di Media Sosial

Pelajari langkah-langkah terbaru untuk melindungi privasi Anda di media sosial. Dengan 5 tips ini, h..

4 Tips Jitu Explore Lebih Worry-free Pakai Galaxy S24 Series
Tips

4 Tips Jitu Explore Lebih Worry-free Pakai Galaxy S24 Series

Galaxy S24 Series bukan hanya menawarkan performa dan kecerdasan buatan (AI) yang impresif, tetapi j..

Tips Bikin Skripsi Jadi Lebih Praktis dengan Galaxy AI S23 FE
Tips

Tips Bikin Skripsi Jadi Lebih Praktis dengan Galaxy AI S23 FE

Gadgetdiva.id – Mahasiswa dapat meningkatkan produktivitas mereka dalam menyelesaikan skrip..


;