Kembangkan Teknologi AI, Indonesia Kolaborasi dengan Amerika Serikat

0
All in ai
Foto: Pixabay

Gadgetdiva.id — Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan kolaborasi dengan Amerika Serikat. Kemitraan tersebut dilakukan untuk menjajaki teknologi kecerdasan buatan (AI).

Kolaborasi ini diumumkannya pada Forum Global UNESCO di Brdo Congress Centre Kranj, Slovenia pada Senin (5/2) lalu. Merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk memajukan ekosistem AI di Tanah Air.

“Hari ini saya melakukan bilateral meeting dengan Dr Seth Center dari Amerika Serikat selaku US Acting Special Envoy for Critical and Emerging Technology. Kita bicara bagaimana Tata Kelola AI yang sedang berlangsung di Amerika dan sejumlah persoalan Tata Kelola kecerdasan buatan secara global,” ungkap Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria yang dilansir dari pernyataan resminya.

Menurut Wamenkominfo Nezar Patria, konferensi ini merupakan kesempatan yang baik bagi Indonesia untuk mempertajam, memperkuat dan mendorong lebih maju lagi transfer pengetahuan serta keterampilan dalam pengembangan AI. Salah satunya ialah Amerika.

AI

Sebelumnya, Indonesia dan Amerika Serikat telah menjalin hubungan kerja sama erat di bidang digital. Terutama soal pengembangan sumber daya manusia atau talenta digital.

“Kominfo sudah ada Program Digital Talent Scholarship yang bekerjasama dengan sejumlah universitas di Amerika Serikat. Diantaranya dengan Stanford University, Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dan Harvard University,” tandasnya.

Program DTS merupakan salah satu pelatihan unggulan Kementerian Kominfo untuk melatih kemampuan dan pengembangan kompetensi talenta digital di level intermediate.

Sejak tahun 2018, program ini ditargetkan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di era Industri 4.0, serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi.

Dalam Program DTS terdapat Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy, Thematic Academy, Professional Academy, Government Transformation Academy, Digital Entrepreneurship Academy, Talent Scouting Academy (TSA).


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan