Tren Ganti Ponsel, Pengguna Cenderung Beli Baru Setelah 4 Tahun

0
penipuan
Ilustrasi: OS di Smartphone Android

Gadgetdiva.id — Peluncuran ponsel baru ternyata tidak berpengaruh pada tren ganti ponsel. Bahkan saat ini, satu pengguna lebih nyaman menggunakan sebuah ponsel pintar dalam waktu yang lama, yakni sekitar 3 sampai 4 tahun, sebelum mereka memutuskan untuk membeli yang baru.

Dilansir dari Computer Weekly, Rabu, 21 Februari 2024, disebutkan jika konsumen memegang ponsel pintar dalam waktu yang lama dari biasanya. Jika di tahun-tahun sebelumnya mereka ganti ponsel dalam kurun 2 tahun saja, kini tidak lagi.

“Para pengguna smartphone cukup betah menggunakan smartphone lebih dari dua tahun. Sebelum ganti ponsel, saat ini mereka menggunakan ponsel pintar, seperti iPhone buatan Apple, setidaknya dalam kurun 3 sampai 4 tahun. Hal ini karena iPhone mendapatkan kompetisi yang ketat dari smartphone berbasis Android, ditambah ponsel-ponsel second hand yang masih merajalela di pasar,” kata analis.

ganti ponsel

iPhone sendiri ditengarai mendominasi pasar ponsel bekas (second) dengan market share sekitar 49 persen. Makanya tidak heran jika website iPhone sekarang tidak hanya menjajakan iPhone baru, tapi yang lama juga ditampilkan. Mulai dari yang paling murah sampai iPhone lama.

Tren Ganti Ponsel Baru

Menurut riset Canalys, perputaran smartphone bekas disebut cukup masif. Bahkan dari total penjualan ponsel pintar tahun lalu yang mencapai 1,1 miliar unit, ponsel pintar berkontribusi sebanyak 21 persen, atau setara 309 juta unit. Padahal di 2014, pasar ponsel bekas hanya 4 persen. Ini artinya, kenaikannya mencapai 450 persen sejak tahun tersebut.

ganti ponsel

Menurut proyeksi terbaru Counterpoint Research, sebanyak 35-45 juta ponsel rekondisi atau bekas akan terjual tahun ini. Angka ini mengindikasikan peningkatan sebesar 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Di sisi lain, penjualan ponsel pintar baru secara keseluruhan akan turun sekitar 5 persen dari 151 juta penjualan tahun lalu.

Pada periode April-Juni 2023, pengiriman ponsel pintar mengalami penurunan sebesar 3 persen. Namun, menurut riset itu, angka tersebut lebih baik dibandingkan penurunan sebesar 19 persen pada periode Januari-Maret 2023. Yang mengejutkan, alasan meningkatnya penjualan ponsel pintar bekas bukan karena keterjangkauan harga, melainkan karena adanya perubahan nyata dalam pola pembelian pelanggan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan