Presiden Groundbreaking Telkom Smart Office di IKN, Menteri BUMN: Akan Jadi Hub Telekomunikasi Nusantara

0

Gadgetdiva –Telkom Indonesia bersiap membangun Telkom Smart Office di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai bagian dari upaya mendukung pembangunan kawasan tersebut. Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama pada hari Jumat (1 Maret 2024) sebagai tanda dimulainya proyek tersebut.

Telkom berkomitmen untuk mempercepat digitalisasi di seluruh Indonesia dengan menyediakan konektivitas, platform, dan layanan digital. Salah satu fokusnya adalah membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi kota pintar (smart city).

Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo dalam sambutannya mengapresiasi sekaligus
meresmikan dimulainya pembangunan Telkom Smart Office IKN. “Ini akan memperkuat digital connectivity, memperkuat digital platform, dan memperkuat digital services bagi Nusantara yang kita cita-citakan menjadi sebuah kota yang World Class ICT. Dan
saya yakin, kalau Telkom sudah masuk, akan gampang ke situ, menjadi smart city dan menggarap e-government akan jauh lebih mudah. Saya percaya, Telkom percaya,” ungkap Joko Widodo.
Menurut Menteri BUMN, Erick Thohir, Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah simbol kemajuan dan modernisasi Indonesia. Dia menekankan pentingnya peran BUMN dalam mewujudkan visi ini, terutama dalam pembangunan infrastruktur dasar seperti telekomunikasi, perbankan, dan transportasi.

“Telkom sebagai BUMN telekomunikasi mengemban tugas untuk menghadirkan layanan
konektivitas dan layanan digital yang handal, terhubung ke seluruh Indonesia dan menjadikan IKN sebagai Hub Telekomunikasi Nusantara sedini mungkin,” katanya.
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan bahwa digitalisasi bukan sekadar suatu kebutuhan, tetapi menjadi katalisator utama dalam mendorong kemajuan perekonomian nasional. Groundbreaking Telkom Smart Office IKN ini merupakan wujud dukungan Telkom dalam mengembangkan ekosistem digital di wilayah IKN.

TelkomGroup memiliki komitmen tinggi dalam mendukung pembangunan IKN dengan
infrastruktur digital yang lengkap, baik Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Services.

Dalam hal konektivitas digital, Telkom menawarkan infrastruktur yang handal melalui berbagai layanan, termasuk jaringan fiber optik, akses broadband tetap, jaringan seluler 4G dan 5G dari Telkomsel, satelit, dan WiFi. Selain itu, Telkom juga menyediakan platform digital yang mendukung digitalisasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), termasuk pusat data, komputasi awan, keamanan siber, dan Internet-of-Things (IoT). Telkom juga mendukung layanan pintar kota, e-government, dan layanan publik digital, serta menyediakan berbagai layanan digital untuk memenuhi kebutuhan warga dan pemerintah di IKN.

Lebih lanjut Ririek menambahkan, “Telkom meyakini pembangunan IKN bukan sekedar
memindahkan pusat administrasi pemerintahan, melainkan tentang menjadikan IKN sebagai role model pembangunan kota dan mempercepat langkah transformasi ekonomi nasional. Untuk itu, Telkom mendukung pembangunan world-classICT di IKN dan siap berkolaborasi dengan berbagai pihak.”

Telkom Smart Office IKN dibangun di atas lahan seluas 5.368 meter persegi dengan dua tahap pembangunan, yakni Shelter TSO dan TSO Ultimate. Pada tahap 1, pembangunan Shelter TSO merupakan pembangunan hub yang menghubungkan seluruh layanan telekomunikasi di IKN dengan target operasi di bulan Juli 2024. Hub ini akan mengamankan berbagai kebutuhan layanan telekomunikasi di IKN, salah satunya untuk mendukung penyelenggaraan Upacara Peringatan HUT ke-79 RI nanti.

Selanjutnya pada tahap 2, pembangunan TSO Ultimate merupakan tahapan pembangunan
gedung berikut dengan fasilitas yang lebih lengkap yang akan dimanfaatkan sebagai kantor
TelkomGroup serta sebagai pusat kegiatan yang akan menjadi kunci penghubung digital di
kawasan IKN KIPP 1A. “Groundbreaking TSO IKN pada hari ini merupakan sebuah momen penting dalam perjalanan TelkomGroup. Pembangunan TSO IKN ini merupakan bukti dari dedikasi kami untuk masyarakat, pemerintah, bangsa, dan negara. Semoga dengan kolaborasi semua pihak, kami berharap dukungan Telkom dapat berkontribusi untuk mempercepat digitalisasi IKN di berbagai aspek,” tutup Ririek.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan