XL Axiata dan Alita Kolaborasi Untuk Luncurkan Solusi “XL Axiata Akses Sehat”

0

Gadgetdiva – Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 24 tahun 2022 mengenai rekam medis. Sesuai kebijakan ini, semua fasilitas kesehatan diwajibkan menggunakan sistem pencatatan medis pasien secara elektronik yang terhubung dengan Platform “SatuSehat” Kemenkes. Untuk mendukung implementasi kebijakan tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan Alita Praya Mitra (Alita) meluncurkan layanan “XL Axiata Akses Sehat”. Layanan ini memberikan konektivitas dan solusi cerdas untuk Rekam Medis Elektronik (RME) di sektor kesehatan.

Feby Sallyanto, Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, dan Teguh Prasetya, Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, menggelar acara peluncuran XL Axiata Akses Sehat di Jakarta pada hari Jumat (8/3). Peluncuran layanan XL Axiata Akses Sehat ini merupakan langkah baru dalam meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

Feby Sallyanto mengatakan, “Sangat penting keberadaan akses internet yang merata di Indonesia, khususnya dalam mendukung program pemerintah dalam penyediaan layanan kesehatan di faskes. Solusi XL Axiata Akses Sehat yang kami tawarkan ini merupakan langkah nyata dalam mendukung program inklusi akses internet dan layanan kesehatan yang lebih baik.”

Sharif Lukman Mahfoedz, Group Head Enterprise Product and Marketing XL Axiata, menjelaskan bahwa solusi XL Axiata Akses Sehat adalah langkah aktif XL Axiata dalam mendukung digitalisasi di sektor kesehatan melalui penggunaan teknologi terintegrasi. Solusi ini merupakan hasil kolaborasi antara konektivitas internet dan solusi pintar dalam satu paket untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

Di masa kini, teknologi sangat penting dalam memberikan akses kepada layanan kesehatan yang berkualitas. Bersama Alita, XLABS, perusahaan yang mengintegrasikan solusi cerdas berbasis kecerdasan buatan dan Internet of Things (AIoT), menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan, pertumbuhan ekonomi, dan kemajuan digital secara menyeluruh.

Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, Teguh Prasetya, menekankan, “Koneksi internet yang cepat dan stabil merupakan modal utama dalam pertumbuhan ekonomi digital. Penggunaan solusi kesehatan tidak hanya di rumah sakit, namun diperlukan di fasilitas kesehatan lain, seperti Puskesmas dan Posyandu sebagai garda terdepan tindakan pencegahan dan deteksi dini penyakit yang diperlukan oleh masyarakat. Alita berkomitmen terus berkolaborasi menciptakan solusi yang dapat di akses oleh seluruh masyarakat Indonesia.”

Kolaborasi antara XLABS, Alita, dan pemangku kepentingan lainnya menandai langkah penting dalam mempercepat transformasi digital di sektor kesehatan Indonesia.

Staf Ahli bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes RI, Setiaji, dalam sambutan virtual mengatakan, solusi XL Axiata Akses Sehat ini diharapkan dapat meningkatkan secara signifikan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan di seluruh negeri.

“XL Axiata Business Solutions dan Alita bisa bersama-sama mengeksplorasi inovasi teknologi smart healthcare dengan layanan yang inovatif dan solusi yang cerdas, membuka pintu bagi akses yang lebih mudah dan terjangkau pelayanan kesehatan yang berkualitas untuk semua lapisan masyarakat. Solusi cerdas yang mereka tawarkan integrasi informasi efisien antara penyedia layanan kesehatan dan pasien menjadi lebih mungkin, membuka pintu bagi perawatan yang lebih terkoordinasi dan efektif.”

Manfaat yang dihadirkan XL Axiata Akses Sehat
XL Axiata Akses Sehat merupakan perangkat kesehatan berupa alat medik portabel yang didukung oleh solusi pintar berbasis kecerdasan buatan dan IoT (AIoT) serta broadband connectivity dari XLABS. XL Axiata Akses Sehat merupakan salah satu wujud komitmen untuk mendukung pemerintah dalam penerapan Rekam Medis Elektronik (RME) di bidang kesehatan. Perangkat ini dapat dimanfaatkan oleh fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia seperti, puskesmas, rumah sakit, apotik, bahkan juga bisa digunakan oleh perkantoran dalam upaya detaksi dini dan pencegahan penyakit.

Sistem kerja XL Axiata Akses Sehat:

  • XL Axiata Akses Sehat berisi perangkat yang dipakai untuk cek kesehatan pasien.
  • Data yang diambil dari perangkat dikirim lewat bluetooth ke aplikasi petugas kesehatan.
  • Data pengecekan kesehatan direkam oleh aplikasi dan dikirim ke cloud server melalui jaringan gigabit internet XLABS.
  • Pasien secara langsung bisa melihat hasil rekam medis melalui aplikasi.

Kelebihan dan manfaat XL Axiata Akses Sehat:

  • Kemudahaan dalam pencatatan hasil cek kesehatan.
  • Terkoneksi dengan RME institusi Kesehatan.
  • Analisis resiko penyakit masyarakat.
  • Penyuluhan jarak jauh.
  • Perangkat mudah dibawa ke mana saja.

Tersedia dua Paket Solusi XL Axiata Akses Sehat:

  1. Paket XL Axiata Akses Sehat + akses internet dengan kecepatan up to 500 Mbps.
  2. Paket XL Axiata Akses Sehat + akses internet dengan kecepatan up to 1 Gbps.

Benefit berlangganan Paket XL Axiata Akses Sehat:

  • Bandwidth 500 Mbps/1 Gbps.
  • Set perangkat XL Axiata Akses Sehat.
  • Platform IoT XL Axiata Akses Sehat.
  • Warranty & support maintenance

Saat ini berlaku promo untuk berlangganan XL Axiata Akses Sehat, yaitu *gratis 1 bulan hingga 12 April 2024.

*syarat dan ketentuan berlaku.

Sejak diluncurkan, XL Axiata Akses Sehat telah digunakan oleh dua rumah sakit di Manado, Sulawesi Utara, yaitu di RSUD ODSK Provinsi Sulawesi Utara dan RS Robert Wolter Monginsidi. Diharapkan ke depan, XL Axiata Akses Sehat dapat semakin banyak dimanfaatkan oleh penyelenggara kesehatan di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut terkait XL Axiata Akses Sehat bisa melalui:


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan