Instagram Jadi Platform Medsos Andalan Gen Z Selama Tahun 2023

Instagram Jadi Platform Medsos Andalan Gen Z Selama Tahun 2023
News

Instagram Jadi Platform Medsos Andalan Gen Z Selama Tahun 2023

Instagram Jadi Platform Medsos Andalan Gen Z Selama Tahun 2023

Instagram Jadi Platform Medsos Andalan Gen Z Selama Tahun 2023 # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Laporan Invinyx dan Jakpat mengungkap adanya tiga aplikasi media sosial paling sering diakses oleh kalangan Gen Z sepanjang tahun 2023. Yakni, Instagram, Youtube dan TikTok.

Instagram menjadi platform Instagram menjadi
platfrom media sosial pilihan Gen Z. Dengan presentase sebesar 94% dari responden.

Indosat Business dan Google Cloud Gelar Startup Bootcamp 2024

Aplikasi Instagram ini diikuti oleh Youtube dengan persentase 91% responden. Kemudian, diikuti oleh TikTok dengan persentase sebesar 81% dari responden.

Lebih lanjut, laporan ini juga mengungkap temuan menarik lainnya. Ada 3 format konten paling diminati di media sosial, yakni vlog, podcast dan story.

InstagramFoto: Pixabay/Island Works

Jika diklasifikasi berdasarkan gender, pengguna perempuan lebih menyukai format konten vlog dan foto. Sedangkan, pengguna laki-laki lebih menyukai format konten live streaming dan giveaway.

Temuan lainnya menyatakan bahwa hiburan menjadi jenis konten teratas yang paling populer ditonton di media sosial oleh responden dengan persentase hingga 88%. Diikuti oleh genre kuliner sebesar 84% dan fesyen sebesar 65%.

Kuliner juga menjadi produk paling populer untuk dibeli oleh responden dalam platform media sosial. Di kalangan Gen Z, mereka cenderung lebih sering membeli produk kuliner, kecantikan dan fesyen.

Sedangkan, produk kuliner dan perangkat elektronik lebih populer di kalangan Gen X dan Gen Y.

Terdapat faktor penting yang memengaruhi responden untuk membeli produk di platform media sosial. Yakni, memiliki tautan atau link produk pada konten promosi yang dilakukan oleh key opinion leader guna memudahkan responden dalam menemukan produk.

InstagramFoto: Unsplash/Nathana Reboucas

Laporan tersebut terungkap dalam sebuah riset bertajuk Pemetaan Strategi Influencer di Media Sosial. Mengungkap seputar perilaku masyarakat Indonesia dalam bermedia sosial.

“Dengan laporan ini, harapan kami dapat menjadi jembatan antara pelaku industri, marketer, key opinion leader dan instansi terkait agar dapat memaksimalkan strategi pemasaran di era digital yang dinamis,” ungkap Research Lead Jakpat Farida Hasna Annuha dalam pernyataan resminya, Rabu (27/3).


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

154 Ribu Data Pengguna Diduga Bocor, Biznet Gio Buka Suara
News

154 Ribu Data Pengguna Diduga Bocor, Biznet Gio Buka Suara

Gadgetdiva.id — 154 ribu data pengguna Biznet Gio diduga bocor dalam situs gelap. Menanggap..

Indosat Business dan Google Cloud Gelar Startup Bootcamp 2024
News

Indosat Business dan Google Cloud Gelar Startup Bootcamp 2024

Gadgetdiva.id – Indosat Digital Ecosystem (IDE) by Indosat Business berkolaborasi bersama ..

XL Donasikan Router dan Kuota Data ke Yayasan Peduli Anak Disabilitas
News

XL Donasikan Router dan Kuota Data ke Yayasan Peduli Anak Disabilitas

Gadgetdiva.id – Memanfaatkan momentum Ramadan, dalam upaya mendukung pendidikan berbasis di..

Indosat Ooredoo Hutchison, BPPTIK Kominfo, dan Cisco Hadirkan GenSi, Pelatihan Digital Bertaraf Internasional!
News

Indosat Ooredoo Hutchison, BPPTIK Kominfo, dan Cisco Hadirkan GenSi, Pelatihan Digital Bertaraf Internasional!

Gadgetdiva – Indosat Ooredoo Hutchison, BPPTIK Kominfo (Balai Pelatihan dan Pengembangan T..


;