Konsumsi Layanan Seluler Diprediksi Alami Kenaikan 40% Selama Bulan Ramadan

Konsumsi Layanan Seluler Diprediksi Alami Kenaikan 40% Selama Bulan Ramadan
News

Konsumsi Layanan Seluler Diprediksi Alami Kenaikan 40% Selama Bulan Ramadan

Konsumsi Layanan Seluler Diprediksi Alami Kenaikan 40% Selama Bulan Ramadan

Konsumsi Layanan Seluler Diprediksi Alami Kenaikan 40% Selama Bulan Ramadan # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Laporan terbaru Populix memprediksi adanya kenaikan konsumsi layanan seluler sebesar 40% selama bulan Ramadan. Laporan tersebut bertajuk Ramadan 2024: Connectivity, Media Consumption and Delivery Dynamic.

Riset tersebut mengungkap bahwa konsumsi layanan seluler diprediksi akan naik sebesar 40% selama bulan Ramadan. Layanan tersebut di antaranya ialah panggilan, pengiriman pesan dan penggunaan data.

Telkomsel Hadirkan Pengalaman Hiburan Digital di Rumah dengan IndiHome Paket Movie Terbaru

Masyarakat lebih memilih layanan voice dan video call dibandingkan dengan teleconference untuk berkomunikasi maupun terhubung dengan orang lain. Namun, mereka merasa terganggu dengan kualitas sinyal yang buruk dan kecepatan internet yang lembat selama bulan Ramadan.

Layanan SelulerFoto: Unsplash/Rob Hampson

Tiga dari empat responden menyatakan bahwa mereka secara ruting mengakses konten media selama Ramadan. Khususnya pada media sosial dan platform streaming video YouTube, sementara televisi dan layanan video-on-demand kurang diminati.

Responden cenderung memilih media sosial dan platform streaming video YouTube karena aksesibilitasnya dan ragam konten yang relevan dengan mereka. Layanan streaming video bahkan juga disukai karena penyajian informasi yang jelas dan efektivitasnya dalam menyederhanakan topik-topik yang kompleks.

Di sisi lain, media sosial menawarkan hiburan yang menyesuaikan dengan beragam minat.

Terdapat empat jenis konten yang paling banyak diakses oleh umat Muslim, yaitu informasi terkait jadwal ibadah selama bulan puasa, konten hiburan, resep masakan, serta program kuliner untuk sahur dan buka puasa.

Mayoritas responden (42%) mengonsumsi konten-konten tersebut sebelum jam berbuka puasa, yang menunjukkan kecenderungan mereka menggunakan media untuk menghabiskan waktu sambil menunggu waktu sholat Maghrib (ngabuburit).

Selain mengakses konten, mayoritas responden (81%) juga mengungkapkan keinginan untuk berbagi aktivitas mereka selama bulan Ramadan, terutama saat berbuka puasa. Instagram dan WhatsApp muncul sebagai platform yang paling banyak dipilih untuk berbagi pengalaman ini.

Oleh karena itu, hampir 60% responden akan berlangganan paket spesial edisi Ramadan, sebab mereka merasa bahwa paket yang ditawarkan lebih sesuai dengan kebutuhan komunikasi dan akses konten media digital mereka, dengan harga yang lebih terjangkau.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Pertama di Dunia, Appdome Hadirkan Layanan Pertahanan Real-Time untuk Serangan Rekayasa Sosial
News

Pertama di Dunia, Appdome Hadirkan Layanan Pertahanan Real-Time untuk Serangan Rekayasa Sosial

Gadgetdiva – Platform ekonomi seluler Appdome resmi memperkenalkan layanan Pencegahan Rekay..

Telkomsel Hadirkan Pengalaman Hiburan Digital di Rumah dengan IndiHome Paket Movie Terbaru
News

Telkomsel Hadirkan Pengalaman Hiburan Digital di Rumah dengan IndiHome Paket Movie Terbaru

Gadgetdiva – Dalam upaya berkelanjutan untuk menghadirkan inovasi solusi hiburan rumah, Tel..

Instagram Jadi Platform Medsos Andalan Gen Z Selama Tahun 2023
News

Instagram Jadi Platform Medsos Andalan Gen Z Selama Tahun 2023

Gadgetdiva.id — Laporan Invinyx dan Jakpat mengungkap adanya tiga aplikasi media sosial pal..

154 Ribu Data Pengguna Diduga Bocor, Biznet Gio Buka Suara
News

154 Ribu Data Pengguna Diduga Bocor, Biznet Gio Buka Suara

Gadgetdiva.id — 154 ribu data pengguna Biznet Gio diduga bocor dalam situs gelap. Menanggap..


;