Indosat Hadirkan Unparalleled Network Services Guaranteed di Libur Lebaran 2024
- by Herning Banirestu
- Rabu, 3 April 2024 - 20:13 WIB
GadgetDiva.id — Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berkomitmen menghadirkan kenyamanan pelanggan merasakan jaringan terbaiknya sepanjang libur Lebaran 2024 dengan menghadirkan “Unparalleled Network Services Guaranteed’.
Mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idulfitri diprediksi mencapai 71,7% dari total penduduk Indonesia. Pergerakan massa tersebut diproyeksikan akan turut meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17% dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang tahun 2024.
Indosat menjamin keelancaran konektivitas pada periode Hari Raya Idul Fitri 1445 H ini dengan memberikan pengalaman terbaik dengan kualitas layanan dan jaringan Indosat yang telah terintegrasi juga didukung oleh infrastruktur berteknologi tinggi berbasis cognitive learning, efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal.
“Untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan layanan digital pelanggan sepanjang libur Lebaran 2024, mulai dari perjalanan mudik, tiba di kampung halaman, hingga kembali ke daerah asal, kami telah mengoptimalkan jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi-lokasi prioritas,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison
Optimalisasi menjamin jangkauan jaringan Indosat yang kian meluas hingga wilayah kecamatan dan desa. Desmon Cheung Direktur Teknologi Indosat mengatakan upaya ini berkat kerja sama dengan para partner demi menghadirkan network terbaik bagi pelanggan. “Kami melakukan test drive di jalur-jalur utama mudik,” ujarnya.
Agus Sulitio SVO Head of Networks Operation menambahkan dengan jaminan jaringan yang unparalleled ini Indosat ingin berikan pengalaman streaming terbaik bagi pelanggannya. Berdasarkan tren tahun sebelumnya, lonjakan trafik data terbesar terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Lonjakan trafik data tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari penggunaan media sosial dan aplikasi pesan singkat seperti TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram, hingga game online seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Indosat meningkatkan kapasitas jaringannya sekitar 32% lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kapasitas harian. Selain itu, kepadatan lalu lintas data pada puncak momentum Lebaran juga diantisipasi dengan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS). Penambahan ini juga didukung oleh jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.
Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di sepuluh jalur kereta, 26 jalan tol yang meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan 28 jalan non-tol seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita. Lebih lanjut, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 531 titik dan 64 jalur prioritas seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun.
Kesigapan lebih dari dua ribu petugas teknis Indosat di lapangan serta tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) bekerja 24 jam untuk memastikan pelanggan dapat berkomunikasi dengan tenang di manapun dan kapan pun. Tidak hanya itu, Indosat juga memastikan kesiapan tim dengan mengaktifkan Command Center 24/7 sejak 7 hingga 13 April 2024, serta Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang diperkuat oleh sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.
Persiapan ini menegaskan komitmen Indosat dalam meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Indosat senantiasa mengapresiasi pelanggan yang memberikan masukan dan saran untuk peningkatan layanannya. Indosat juga telah menyiapkan berbagai saluran untuk mengantisipasi kendala dan tanggap terhadap masukan pelanggan selama periode mudik dan Lebaran, mulai dari website, WhatsApp resmi, akun media sosial, hingga call center 24/7.
Selain memperkuat infrastruktur jaringan jelang Hari Raya Idulfitri, Indosat juga menegaskan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat Indonesia melalui pemberdayaan ekonomi lokal, sebagai kelanjutan program Indosat Berkah Ramadan, yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) di bawah pilar filantropi.
Menggandeng berbagai lapisan pemangku kepentingan, mulai dari karyawan, anak usaha, hingga pelanggan, Indosat telah menyalurkan sebanyak 115 Program ‘Gerobak Berkah’ kepada para penjaga masjid atau musholla (marbot) yang diadakan di 57 lokasi di seluruh Indonesia. Program ini memberikan dukungan langsung berupa pemberdayaan usaha ekonomi kecil yang dilakukan oleh para marbot di berbagai lokasi tersebut.
Herning Banirestu
ReporterMemiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.
Artikel Terkait
Pertama di Indonesia, realme Experience Store 3.5 Segera Hadir di Surabaya
Gadgetdiva.id – Meneruskan misi untuk menjangkau lebih banyak pengguna realme meresmikan Ex..
- by Jundi Amrullah
- 7 bulan lalu
- 3,250
Lebaran 2024, Pelanggan Telkomsel Banyak yang Main Online Gaming
Gadgetdiva.id — Seperti tahun-tahun sebelumnya, lebaran tahun ini jaringan telekomunikasi d..
- by Siti Sarifah Aliah
- 7 bulan lalu
- 3,250
Konsumsi Layanan Seluler Diprediksi Alami Kenaikan 40% Selama Bulan Ramadan
Gadgetdiva.id — Laporan terbaru Populix memprediksi adanya kenaikan konsumsi layanan selule..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 7 bulan lalu
- 3,250
Pertama di Dunia, Appdome Hadirkan Layanan Pertahanan Real-Time untuk Serangan Rekayasa Sosial
Gadgetdiva – Platform ekonomi seluler Appdome resmi memperkenalkan layanan Pencegahan Rekay..
- by Firda Zahara
- 7 bulan lalu
- 3,250