Studi Populix: Preferensi Konsumen dalam Belanja Online dan Offline

Studi Populix: Preferensi Konsumen dalam Belanja Online dan Offline
News

Studi Populix: Preferensi Konsumen dalam Belanja Online dan Offline

Studi Populix: Preferensi Konsumen dalam Belanja Online dan Offline

Studi Populix: Preferensi Konsumen dalam Belanja Online dan Offline # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Berbelanja sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia yang tak terpisahkan dalam keseharian. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, sektor perdagangan menjadi sektor terbesar kedua yang memberikan kontribusi sebesar 12,94% bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun 2023. Namun tak bisa dipungkiri, pandemi yang terjadi beberapa tahun lalu telah mengakselerasi adopsi belanja online secara signifikan. Meskipun demikian, konsumen Indonesia tetap tidak meninggalkan kebiasaan belanja offline.

Menyadari adanya fenomena menarik dalam tren belanja tersebut, perusahaan data dan insights Populix berusaha menggali lebih lanjut pola belanja konsumen di Indonesia melalui laporan riset bertajuk “Preferensi Konsumen dalam Belanja Online dan Offline”. Riset ini mengulas tren belanja offline dan online, serta situasi pasca pandemi yang turut mempengaruhi perilaku belanja konsumen.

Telkomsel Hadirkan Program Mudik Hepi Berangkatkan 1.100 Pemudik

Riset Populix membandingkan preferensi belanja konsumen dalam tiga periode, yaitu sebelum, saat, dan setelah terjadinya pandemi. Dikarenakan faktor kesehatan dan pembatasan aktivitas sosial, sebanyak 54% dari total responden yang aktif berbelanja online dan offline lebih memilih melakukan aktivitas belanja online selama pandemi berlangsung. Setelah pandemi berakhir, 49% diantaranya juga masih lebih sering melakukan aktivitas belanja online.

Berbeda dari persentase aktivitas belanja online yang mengalami sedikit penurunan, konsumen yang lebih memilih aktivitas belanja offline setelah masa pandemi berakhir mengalami kenaikan hingga lebih dari 2 kali lipat. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun tren belanja online cukup populer, konsumen Indonesia juga masih tetap gemar berbelanja offline.

Dari kacamata konsumen, kehadiran toko offline dan online tentunya bisa mengakomodasi preferensi belanja yang beragam. Secara umum, konsumen Indonesia biasanya telah memiliki preferensi masing-masing saat melakukan pembelian kategori produk tertentu. Riset ini menemukan bahwa produk fashion dan kecantikan (masing-masing sebanyak 46%) dibeli secara online, sementara kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan (34%) lebih dominan dibeli secara offline.


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Tri Umumkan Pemenang Utama Program Kebut Hadiah BombasTri
News

Tri Umumkan Pemenang Utama Program Kebut Hadiah BombasTri

Gadgetdiva.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri, telah s..

Telkomsel Hadirkan Program Mudik Hepi Berangkatkan 1.100 Pemudik
News

Telkomsel Hadirkan Program Mudik Hepi Berangkatkan 1.100 Pemudik

Gadgetdiva.id – Melanjutkan peran sebagai perusahaan digital telco service provider terdep..

Starlink Siap Berlabuh di Tanah Air Pasca Hari Raya Idul Fitri
News

Starlink Siap Berlabuh di Tanah Air Pasca Hari Raya Idul Fitri

Gadgetdiva.id — Satelit Starlink milik Elon Musk telah memenuhi dua izin dari Kementerian K..

Tak Jadi Garap Mobil Listrik, Apple Rumahkan Lebih dari 600 Karyawan di California
News

Tak Jadi Garap Mobil Listrik, Apple Rumahkan Lebih dari 600 Karyawan di California

Gadgetdiva.id — Apple dikabarkan melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap lebih da..


;