News

RUPS XL Axiata Bagikan Deviden Rp 635,5 Miliar dan Kembali Pilih Dian Siswarini Pimpin Perseroan

post-img

Source : gadgetDiva

GadgetDiva.id — PT XL Axiata Tbk (Axiata )dalam RUPS Tahunan 2024 mengumumkan jajaran Direksi dan Komisaris baru, serta membagikan deviden sebesar Rp 635,5 miliar atau setara dengan Rp 48,6 per lembar saham. Rapat juga memilih Dian Siswarini yang telah memimpin Perseroan sejak 2015 itu kembali menjadi Presiden Direktur.

Pembagian deviden 50% dari keuntungan setelah penyesuaian kepada para pemegang saham rencananya akan dilakukan pada bulan Mei ini, namun belum ditentukan kapan tanggalnya. Sisa dari keuntungan lainnya akan pergunakan sebagai Alokasi Cadangan Umum sebesar Rp 100 juta dan selebihnya dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan.

Indonesia Bakal Jadi Top 5 Negara dengan Developer Terbanyak pada 2026

Rapat juga menyetujui perubahan sunan dan pengangkatan kembali Direksi dan Dewan Komisaris XL Axiata. Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengungkapkan perubahan tersebut terkait pengangkatan satu Direktur baru, satu orang anggota Komisaris dan dua orang anggota Komisaris Independen sebagai pengganti dari anggota Komisaris yang telah berakhir masa jabatannya.

Lulusan Teknik Elektro ITB tahun 1991 ini kembali dipercaya memimpin XL Axiata mengingat di bawah kepemimpinannya, operator seluler berwarna korporat biru ini, terus meningkat kinerjanya. Serta berhasil membawa XL Axiata keluar dari masa-masa sulit saat pandemi. Bahkan kuartal pertama tahun ini XL Axiata mencatat kinerja tertinggi sepanjang 10 tahun terakhir. Jumlah pelanggan XL Axiata pun naik tinggi, di tengah operator lain mengalami penurunan jumlah pelanggan.

Beberapa tahun terakhir biasanya kinerja kuartal pertama Perseroan datar saja.  Hal ini mendukung pencapaian pendapatan yang tumbuh double digit sebesar 12% mencapai Rp 8,44 triliun. Pertumbuhan EBITDA mencapai double dari pertumbuhan pendapatan sebesar 24% dengan EBITDA margin yang meningkat tajam menjadi 52,8%. Labah bersih XL Axiata pada kuartal pertama tahun ini juga melesat sebanyak 168%.

“Pencapaian EBITDA margin dan labah bersih tersebut merupakan yang tertinggi dalam 10 tahun terakhir. Namun kami tidak berhenti di situ. ARPU XL Axiata juga mencapai Rp48.000 atau angka tertinggi yang pernah kami capai di kuartal pertama ini. It’s an all-time high. Kami telah berhasil mengangkat ARPU ke level mid-40’s, total pelanggan kami juga meningkat dibanding kuartal sebelumnya menjadi 57,6 juta,” terang Direktur Keuangan XL Axiata, Feiruz Ikhwan.

Rapat menyetujui perubahan susunan dan pengangkatan kembali Direksi. Perubahan ini terkait pengangkatan Direktur baru Rico Usthavia Frans. Sebelum diangkat menjadi Direktur, Rico ditunjuk sebagai Chief IT, Digital, and Analytics di XL Axiata pada bulan September 2023. Sebelum bergabung dengan XL Axiata, beliau berkarir sebagai Komisaris Utama di PT Mitratel Tbk. Link Aja, Awan Tunai, Centre Park, dan Qoora. Rico juga memiliki pengalaman mendalam di dunia perbankan. Rico berkarir di Citibank sebagai Country Marketing Director hingga 2010, dan di Bank Mandiri sebagai SVP Electronic and Transaction Banking dan IT Director hingga 2021.

Rapat juga menyetujui perubahan susunan dan pengangkatan kembali Dewan Komisaris. Perubahan ini terkait berakhirnya masa jabatan Yasmin Stamboel Wirjawan dan Muliadi Rahardja sebagai Komisaris Independen. Sebagai gantinya mengangkat Yasmin Aladad Khan dan Didi Syafruddin Yahya sebagai Komisaris Independen.

Selain itu, Rapat juga menyetujui pengangkatan Nik Rizal Kamil Nik Ibrahim Kamil sebagai anggota Komisaris untuk periode 2024-2029 terhitung sejak ditutupnya Rapat ini sampai dengan berakhirnya periode jabatan anggota Dewan Komisaris baru pada penutupan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tahun 2029.

Berikut susunan Direksi XL Axiata yang baru dan efektif sejak ditutupnya Rapat:

  • Presiden Direktur                     : Dian Siswarini
  • Direktur                                  : Yessie Dianty Yosetya
  • Direktur                                  : Feiruz Ikhwan
  • Direktur                                  : David Arcelus Oses
  • Direktur                                  : Abhijit Jayant Navalekar
  • Direktur                                  : I Gede Darmayusa
  • Direktur                                  : Rico Usthavia Frans

Sementara itu, berikut susunan Dewan Komisaris XL Axiata yang baru dan efektif sejak ditutupnya Rapat:

  • Presiden Komisaris              : Dr. Muhamad Chatib Basri
  • Komisaris                           : Vivek Sood
  • Komisaris                           : Dr. Hans Wijayasuriya
  • Komisaris                           : Nik Rizal Kamil Nik Ibrahim Kamil
  • Komisaris Independen         : Julianto Sidarto
  • Komisaris Independen         : Yasmin Aladad Khan
  • Komisaris Independen         : Didi Syafruddin Yahya

author-img_1

Herning Banirestu

Reporter

Memiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.

Artikel Terkait

Gojek Hadirkan Opsi Edit Stasiun pada Fitur GoTransit
News

Gojek Hadirkan Opsi Edit Stasiun pada Fitur GoTransit

Gadgetdiva.id — Aplikasi ride hailing dari Grup GoTo, Gojek, menghadirkan opsi Edit Stasiun..

Indonesia Bakal Jadi Top 5 Negara dengan Developer Terbanyak pada 2026
News

Indonesia Bakal Jadi Top 5 Negara dengan Developer Terbanyak pada 2026

Gadgetdiva.id — Chairman dan CEO Microsoft Satya Nadella meramal Indonesia akan masuk top 5..

Samsung Experience Lounge Perdana Hadir di Pondok Indah Golf
News

Samsung Experience Lounge Perdana Hadir di Pondok Indah Golf

Gadgetdiva.id — Berkolaborasi dengan Blibli, Samsung Experience Lounge resmi hadir di Indon..

Microsoft Gelar Pelatihan AI untuk 840.000 Orang Indonesia
News

Microsoft Gelar Pelatihan AI untuk 840.000 Orang Indonesia

Gadgetdiva.id — Chairman dan CEO Microsoft Satya Nadella menyatakan bahwa pihaknya siap mel..


;