5 aplikasi baru Google ini bisa batasi waktu penggunaan smartphone

1
kecanduan smartphone

Google memperkenalkan Digital Wellbeing, fitur di Android yang dirancang perusahaan untuk membantu pengguna mengelola penggunaan smartphone mereka. Google telah memperkenalkan lima aplikasi baru, yaitu Unlock Clock, Post Box, We Flip, Desert Island, dan Morph, yang melengkapi platform dalam upaya membuat pengguna berkurang menggunakan smartphone.

Aplikasi Unlock Clock menampilkan wallpaper hidup ke smartphone kamu yang melacak berapa kali pengguna membuka kunci perangkat mereka sepanjang hari. Dengan cara ini, kamu tidak perlu menemukan akses ke bagian Digital Wellbeing dari menu pengaturan Android untuk mengetahui berapa kali kebiasaan kamu menggunakan smartphone.

sementara itu, aplikasi Post Box yang menggabungkan notifikasi pengguna dan menyimpannya hingga waktu tertentu dalam sehari. kamu bisa memilih antara menerima pemberitahuan sekali, dua kali, tiga atau empat kali sehari. Post Box juga akan mengaturnya sehingga mudah untuk disortir dengan cepat.

Ada juga aplikasi We Flip ini yang mengundang pengguna dan pengguna lain untuk saling fokus saat bermain game. Ketika berada dalam grup, pengguna dapat mengakses aplikasi secara bersamaan, kemudian akan memasangkan ponsel kamu dengan yang lain dan memulai timer.

Kemudian untuk aplikasi Desert Island, ketika pengguna mengaksesnya, kamu bisa pilih beberapa aplikasi yang tidak dapat digunakan dan kemudian pada hari berikutnya, kamu akan mencoba menggunakan satu aplikasi lebih sedikit dari pada sebelumnya.

Terakhir, ada aplikasi Morph, yang menurut Google ini merupakan aplikasi tepat yang pengguna butuhkan. Setelah menginstal aplikasi, kamu bisa memilih aplikasi yang paling sering digunakan dalam situasi tertentu.

Pengguna bisa menetapkan beberapa list aktivitas, seperti pekerjaan, perjalanan, dan kreativitas lainnya. Selanjutnya, Morph akan mencoba memprediksi kapan pengguna ingin menggunakan aplikasi tersebut.

Akan menarik untuk melihat apakah Google mengintegrasikan salah satu aplikasi ini ke dalam Digital Wellbeing, setelah agak lambat di tahun lalu, namun pihak Google berusaha untuk mendorong platform ke ekosistem Android yang lebih luas.

Kabarnya, awal bulan ini pihak Google mulai menegaskan bahwa produsen harus memasukkan platform pada ponsel mereka jika diperbarui dengan Android 9 Pie atau lebih baru.

Baca juga, Google hadirkan fitur terbaru Google One, tingkatkan layanan penyimpanan


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan