Google Maps offline, cara gunakan peta tanpa internet

0

Seberapa pentingnya Google Maps buat kamu? Bagaimana kalau Google Maps Offline?

Bagi kamu yang hobi traveling ke luar negeri pasti sangat membutuhkan Google Maps sebagai arahan yang tepat kan girls? Pasti kamu tidak ingin jika harus tersesat di negara asing yang tidak kamu ketahui? Nah jika kamu tidak selalu memiliki koneksi internet yang tersedia ketika bepergian keluar negeri, artinya aplikasi seperti Google Maps tidak akan berfungsi dengan baik.

Tapi jangan khawatir, untungnya Google Maps dapat digunakan secara offline nih girls. Ini adalah fitur di mana pengguna dapat menyimpan lokasi untuk dilihat ketika pengguna tidak memiliki internet. Saat tak ada kuota, pengguna masih akan memiliki beberapa menu navigasi yang tersedia.

Cara menyimpan Google Maps secara offline


1. Buka Aplikasi Google Maps
2. Pastikan anda terhubung ke Internet dan login ke Google Maps
3. Klik ikon garis tiga di bagian kiri atas
4. Pilih opsi “Offline Maps”
5. Pilih opsi Home atau Custom Map , sesuai yang anda butuhkan. Home pada dasarnya akan menyimpan area di sekitar rumah kamu, sementara Custom Maps akan memungkinkan untuk memilih area untuk disimpan.
6. Jika sudah memilih lokasi klik “Download”


7. Setelah Download selesai, kamu dapat melihat daftar peta yang telah kamu simpan.

Jika sudah melakukan hal di atas kamu sudah bisa mengakses Google Maps tanpa adanya koneksi internet. Google Maps akan menyimpan peta offline selama 29 hari. Kamu dapat memilih untuk mengunduh ulang saat dibutuhkan, atau jika selesai, kamu dapat menghapusnya.

Cara Mengelola & Memperbarui Google Maps Offline


1. Jika kamu ingin mengatur peta yang telah kamu simpan, ketuk peta yang ingin diedit.
2. Ketuk ikon “Pencil”, dan kamu bisa mengubah nama menjadi apapun yang kamu inginkan.
3. Kamu juga dapat mengetuk ikon “Gear” atau Roda Gigi di mana kamu bisa memilih opsi untuk memperbarui peta offline secara otomatis atau manual, dan memilih apakah ingin dapat mengunduh peta offline nya menggunakan WiF sajai atau jaringan seluler.

Keterbatasan Google Maps Offline

Sebagian besar, Google Maps offline akan terus berfungsi sama seperti jika sedang online. Kamu bisa menarik navigasi, petunjuk arah mengemudi, dan bahkan mencari lokasi. Namun, ada beberapa batasan. Misalnya petunjuk arah transit, berjalan, atau bersepeda tidak akan tersedia.

Selain itu, jika kamu mengemudi, kamu tidak akan dapat memperoleh informasi seperti informasi lalu lintas, rute alternatif, atau panduan jalur. Google juga menunjukkan bahwa peta offline tidak akan tersedia di beberapa wilayah. Mereka mengutip batasan kontrak, bahasa, dan format alamat atau alasan lainnya.

Akhirnya , fungsi ini tidak tersedia di negara-negara tertentu, karena lisensi data lokal, atau mungkin peraturan lokal.

Nah itulah tips & trik dari GadgetDiva. Semoga bermanfaat ya girls.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan